Tanah Datar

Tingkatkan Faskes RSUD M. Ali Hanafiah, Bupati Eka Putra Resmikan Gedung Neurologi Dan Obgyn

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Dalam upaya meningkatkan Fasilitas Kesehatan (Faskes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Ali Hanafiah Batusangkar membangun Gedung Neurologi dan Obgyn. Gedung baru ini nantinya akan digunakan untuk memberikan layanan pasien khusus penyakit Kanker, Jantung, Stroke, Neorologi dan Objyn.

Dengan telah selesainya proses pembangunan gedung tersebut, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Selasa (2/9/2024) meresmikan pemakaian gedung itu, di halaman depan RSUD setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Direktur dan jajaran RSUD Prof .DR. MA Hanafiah Batusangkar atas pembangunan gedung baru dalam rangka menambah layanan Faskes.

“Sebagai pimpinan daerah, Saya mengapresiasi pihak RSUD Prof .DR. MA Hanafiah Batusangkar yang telah siap membangun gedung yang di mulai sejak tahun 2023 lalu. Semoga gedung baru ini nyaman, dan Insya Allah segera digunakan untuk melayani masyarakat Tanah Datar dan luar Tanah Datar,” ucapnya.

Bupati Eka tambahkan, dengan telah selesai dibangun dan hari ini diresmikan, hendaknya pelayanan kesehatan ke depannya juga akan semakin bagus.

“Saya mengimbau kepada Pimpinan RSUD, seluruh pegawai dan jajarannya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pasien,” pesan Bupati.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga memahami situasi dan kondisi para pegawai yang bekerja di Rumah Sakit, begitu lelah melayani pasien. Namun, pelayanan yang ramah harus senantiasa dilakukan, karena dengan pelayanan yang ramah sudah menjadi obat tersendiri bagi pasien.

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka Putra juga menyampaikan terkait Kabupaten Tanah Datar yang mendapat Hak Istimewa dalam Pelayanan Kesehatan.

“Jadi mari bersama-sama meningkatkan pelayanan, jangan biarkan pimpinan bekerja sendiri, apalagi dengan UHC ini masih banyak masyarakat kita yang belum paham. Ini yang harus dipahami di masyarakat bahwa berobat gratis cukup dengan KTP saja, dengan syaratnya rumah sakit tersebut bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” terang Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga mengingatkan, untuk pelayanan pasien UHC agar tenaga medis Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta untuk lebih meningkatkan pelayanan.

Diakhir sambutan Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung Program Pelayanan Kesehatan di Tanah Datar.

“Alhamdulillah, Tanah Datar ini pelayanannya sudah menggaung, sudah banyak Kabupaten tetangga yang datang ke Tanah Datar. Jadi, mari bersama-sama kita tingkatkan pelayanan, khusunya di bidang kesehatan, ini sesuai dengan Jargon kita “Tanah Datar Sehat, Merdeka Berobat’,” pungkasnya.

Sebelumnya Direktur RSUD Prof. Dr. M. A Hanafiah SM Batusangkar dr. Nurman Eka Putra melaporkan bahwa pembangunan gedung Neurologi dan Obgyn ini dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 sebesar Rp 17,5 Miliar, pembangunan tersebut diawali dengan perencanaan sampai selesai pelaksanaannya dan telah mengacu kepada aturan-aturan yang berlaku serta pendampingan hukum oleh pihak Kejaksaan Negeri Batusangkar.

“Pembangunan gedung Neurologi dan Obgyn dengan 3 tingkat telah selesai pembangunan pada bulan Desember 2023, dilanjutkan pemeliharaan 6 bulan oleh rekanan dan dilanjutkan dengan audit oleh BPK. Alhamdulillah, pada hari ini sudah bisa diresmikan pemakaiannya,” terangnya.

Dikatakannya lagi, dengan telah selesainya pembangunan gedung tersebut jadi Faskes sampai saat ini di RSUD Prof DR MA Hanafiah SM Batusangkar telah memilki 2 ruang konsultasi IGD dan 13 ruang rawatan serta 12 instansi penunjang dan kantor manajemen dengan jumlah pegawai sebanyak 600 orang, 23 orang dokter spesialis, yang jaga khusus digedung Neurologi 2 orang dokter spesialis syaraf kemudian 19 orang dokter umum.

“Dengan jumlah layanan dan SDM yang ada Kami sangat siap untuk mendukung program jaminan kesehatan semesta UHC yang baru di lounching Bupati Eka Putra pada awal bulan Agustus 2024 lalu,” pungkasnya.

Turut hadir pada peresmian gedung tersebut Forkopimda Tanah Datar, para Asisten, pimpinan OPD, Camat dan Wali Nagari, Pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan organisasi profesi IDI, IBI, dan undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *