PON XXI 2024

Atlet Paralayang Asal Payakumbuh Optimis Sumbangkan Medali Untuk Kontingen PON Sumbar

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Cabang olahraga (Cabor) Pralayang di PON XXI Aceh-Sumut baru akan memulai pertandingannya pada tanggal 6 hingga 19 September 2024 dengan venuenya di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara. Tapi, info yang diperoleh PilarbangsaNews dari ketua FASI (Federasi Airsport Seluruh Indonesia) Kota Payakumbuh, M. Iqbal Dt. Pangka Sinaro, Kamis (5/9/2024) dikatakan, jadwal pembukaan cabor Pralayang ini diundur menjadi tanggal 8 September 2024 karena pusaran angin kencang terjadi beberapa hari ini di daerah lokasi venue.

Dari data yang dihimpun, Cabor Pralayang ini hanya diikuti oleh 14 provinsi dengan jumlah atlet seluruhnya 62 orang. 14 keping medali emas akan diperebutkan atlet di 14 nomor lomba.

Kontingen Sumbar sendiri pada Cabor Pralayang ini mengirimkan atletnya 8 orang dan satu orang pelatih. Dari 8 orang atlet tersebut, 6 orang berasal dari FASI Kota Payakumbuh. Sisanya 2 orang lagi berasal dari FASI Kabupaten Pessel dan Dharmasraya.

Bagaimana peluang cabor Pralayang ini di iven olah raga multi cabang empat tahunan tersebut? Kepada PilarbangsaNews, baik M. Iqbal Dt. Pangka Sinaro, maupun pelatihnya Dodo Yuda Kurdi, mengatakan, optimis Cabor Pralayang akan mendulang medali, baik emas, perak, atau perunggu. “Insya Allah, kalau cuaca dalam keadaan normal anak-anak akan merebut hasil terbaik,” sebut Dodo dan Pak Datuk.

Nomor-nomor pertandingan yang menjadi andalan, tambah Dodo, nomor ketepatan mendarat perorangan putra/i dengan atletnya Abdul Rahman Hidayat, dan Rira Nurhakim. Selanjutnya di nomor beregu putra dan putri. Dan, di kelas/nomor XL dengan atletnya Abdul Rahman Hidayat.

Sikap optimis yang disampaikan pelatih dan Ketua FASI Payakumbuh itu tidak berlebihan, karena anak-anak asuh mereka selalu tampil bagus pada setiap kejuaraan Pralayang tingkat nasional dan internasional sepanjang tahun 2023-2024.

Data yang disampaikan M. Iqbal Dt. Pangka Dirajo, atlet putra Abdul Rahman Hidayat berhasil menjadi juara pada U-25 AFA Asean League Nonhkai, Thailand tahun 2023 lalu. Ditahun yang sama, tapi tingkat Asia, Abdul Rahman Hidayat juga tampil juara pertama. Itu antara lain dari banyak kejuaraan yang diikuti sepanjang tauun 2023 dan 2024. Terbaru, pada tahun 2024 ini, Abdul Rahman juga yang terbaik dengan mendulang medali emas pada kejuaraann AFA Asian League Lombok.

Disamping Abdul Rahman, atlet paralayang Payakumbuh lainnya, masing-masing Febri Yulio, Rara Nurhakim, Jordi Ansyah, M. Irsyad dan Zaki Mubaroq juga tak ketinggalan telah menuai prestasi membanggakan, baik tingkat nasional maupun regional. Malah pelatih Dodo Yuda Kurdi ketika pelepasan atlet oleh Pemko Payakumbuh akhir Agustus lalu berani sesumbar mematok 4 keping medali emas.

Ketua KONI Payakumbuh Yengki Otrio ketika dihubungi PilarbangsaNews, Kamis (5/9/2024) malam merasa bangga dengan konstribusi FASI Payakumbuh untuk cabor Paralayang ini.

“Kita turut bangga, dari 8 jumlah atlet Paralayang Sumbar, 6 orang berasal dari FASI Kota Payakumbuh. Kita doakan semoga adik-adik atlet Pralayang akan tampil maksimal dan menjadi yang terbaik” pinta Yengki. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *