50 Kota

Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan dan Bahaya TB, Bupati Safaruddin Ajak Masyarakat Cek Kesehatan Berkala

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui sejumlah program salah satunya melalui sosialisasi jaminan kesehatan dan Bahaya TB (Tuberkulolis).

Kegiatan ini dilaksanakan secara maraton di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Pada Kamis, (05/09/2024), Kecamatan Guguak menjadi tuan rumah pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri langsung Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kezehatan Yulia Masna, Kepala Disdukcapil Wira Dinanta, bersama unsur Forkopimca.

Melalui program itu, masyarakat diberikan pemahaman tentang berbagai kiat peningkatan kesehatan serta pemeriksaan rutin bagi masyarakat.

Istimewanya, pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Guguak itu tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Tidak hanya sosialisasi jamkes dan TB. Bupati Safaruddin juga ikut menyerahkan kartu BPJS gratis bagi masyarakat Kecamatan Guguak.

Bupati Safaruddin mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatannya melalui cek kesehatan secara berkala, terlebih saat ini, Pemerintah telah menggratiskan masyarakat untuk berobat maupun hanya sekedar cek kesehatan saja ke fasilitas kesehatan terdekat. “Menjaga tubuh tetap sehat melalui cek kesehatan berkala lebih baik dibanding berobat ketika jatuh sakit. Sesuai anjuran ahlinya, masyarakat kami himbau melakukan cek kesehatan berkala minimal 2 kali dalam setahun,” ajak Bupati Safaruddin.

Bupati yang akrab disapa Datuak Safar itu mengatakan, pihaknya bertekad untuk terus mendukung peningkatan layanan publik terutama bidamg kesehatan. “Saya selalu mengatakan jaminan kesehatan harus dinikmati masyarakat Limapuluh Kota. Masyarakat daerah ini tidak takut tberobat ke RS maupun Puskesmas dengan alasan tidak mampu membayar. Karena asuransi kesehatan masyarakat yanh tidak mampu jadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota,” tegas Bupati Safaruddin.

Ditambahkannya, per Agustus 2024, Pemkab Limapuluh Kota telah mendaftarkan 40.577 jiwa dengan rincian 22.553 jiwa masyarakat ditanggung Anggaran Pemerintah dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Limapuluh Kota dan. 18.024 sharing dengan Pemprov Sumbar.

David, salah satu masyarakat penerima manfaat BPJS gratis Pemkab Limapuluh Kota mengaku bersyukur atas perhatian yang diberikan pemerintah. Warga Nagari Guguak VIII Koto yang kesehariannya sebagai petani itu tentu merasa berat jika membayar seluruh biaya jaminan kesehatan bagi 4 orang anggota keluarganya yang terdiri dari istri dan tiga anak.

“Perhatian yang diberikan Pemerintah menandakan Pak Bupati pro dengan kesulitan yang dihadapi masyarakat. Terima kasih pak Bupati atas perhatian yang diberikan kepada masyarakat. Semoga program ini tetap berlanjut kedepan dan lebih banyak masyarakat yang kurang mampu dapat menikmati fasilitas yang diberikan pemerintah,” ujar David. (wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *