Pessel

Hibahkan Tanah Untuk Kampus Teknik UNP di Pesisir Selatan

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merealisasikan hibah tanah untuk pengembangan Kampus Teknik Univesitas Negeri Padang (UNP) di Pesisir Selatan. Penyerahan hibah tanah ini merupakan bukti komitmen pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan di Pesisir Selatan.

Pengembangan Kampus Teknik Univesitas Negeri Padang di Sago – Pesisir Selatan diharapkan dapat menghasilkan tamatan yang dapat berkontribusi dalam mengembangkan potensi sumber daya alam daerah ini.

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan dalam sambutannya, diwakili Sekda Mawardi Roska, S.I.P, pada saat acara Penandatangan Naskah Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Tanah Pemerintah Daerah Pesisir Selatan dengan Universitas Negeri Padang, Jum’at (13/9), bertempat di Kantor Bupati Pesisir Selatan, dan disaksikan oleh beberapa Kepala OPD di Pesisir Selatan, dan pejabat di jajaran rektorat UNP Padang.

Dikatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kini tengah berupaya meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia melalui penyediaan tenaga pendidik, sarana dan fasilitas penunjang pendidikan, agar memudahkan akses untuk mendapatkan pendidikan yg murah dan berkualitas dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dicontohkan, untuk pengolahan gambir yg menjadi komoditi unggulan di Pesisir Selatan dengan luas perkebunannya mencapai lebih dari 9.000 hektar tentu perlu mekanisasi pabrip dan tenaga yang terampil, sehingga mampu menghasilkan produk turunan yg mempunyai nilai tambah. Karena selama ini masyarakat masih menjual dalam bentuk getah dan daun gambir dengan harga jual yang jauh dari harga pasar.
Lebih lanjut dikatakan, bedirinya pabrik pengolahan gambir di Taratak Kabupaten Pesisir Selatan Nagari Taratak juga bisa dijadikan motovasi, mendorong lulusan teknik UNP Sago Pesisir Selatan untuk menjadi tenaga kerja yang handal dalam mengembangkan produk komoditi gambir, sehingga akan meningkatkan produksi dan menjaga mutu getah gambir serta menekan biaya produksi serta hasil yang menguntungkan bagi petani.

Sementara itu, Rektor UNP Dr. Ir. Krismadinata, S.T, M.T, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yg setinggi-tingginya kepada bupati pesisir selatan atas konsistensinya memperjuangkan dunia pendidikan di kabupaten pesisir selatan. Dengan penyerahan tanah untuk pengembangan kampus teknik ini sangat memberikan kemudahan bagi kami untuk meningkatkan sarana dan fasilitas yg lebih memadai. Sehingga diharapkan kampus teknik UNP sago dapat menghasilkan tamatan yg mampu memberikan kontribusi dalam memajukan perekonomian khususnya dibidang teknologi informasi dan perindustrian di kabupaten pesisir selatan.
Rektor UNP juga berharap kepada Pemda Pesisir Selatan kerjasama ini terus berlanjut dan lebih ditingkatkan kedepannya. Pihaknya, akan siap membantu untuk memajukan pendidikan di Pesisir Selatan agar apa yg menjadi cita- cita kita semua dapat terwujudkan.

Pada akhir acara ini, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan UNP masing-masing menyerahkan cendramata sebagai bentuk apresiasi terhadap kerjasama, atau upaya bersama untuk mewujudkan kampus teknik UNP Sago Pesisir Selatan yang lebih maju kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *