Sumbar

Dihadapan Tokoh WRI, Plt Gubernur Audy Tegaskan Komitmen Pemprov Sumbar Terhadap Perhutanan Sosial

Padang, PilarbangsaNews

Sekitar 58 persen dari seluruh kawasan Sumatera Barat (Sumbar) merupakan kawasan hutan dengan potensi ekonomis yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, saat pertemuan ramah tamah dengan rombongan delegasi World Resources Institute (WRI) di Istana Gubernur Sumbar, Selasa (01/10/2024).

Ada pun para tokoh yang hadir dalam pertemuan itu antara lain, Mantan Mendag RI Mari Elka Pangestu; Mantan Wamenlu RI Dino Patti Djalal; Aktivis dan Anak Presiden Gus Dur Yenni Wahid; Jurnalis Senior Dessy Anwar; Presdir PT Rimba Makmur Utama Dharsono Hartono; Commissioner of PT MRT William P Sabandar; Peneliti Senior Lembaga Demografi UI Masyita Crystallin; Ketua Yayasan Wangari Maathai Wanjira Mathai; dan sejumlah member WRI lainnya.

“Sebagian besar wilayah Sumbar adalah kawasan hutan, yaitu sebanyak 58 persen. Dari jumlah itu, 20 persen di antaranya adalah hutan lindung. Selain itu, kita di Sumbar memiliki ribuan nagari atau desa, yang 80 persen di antaranya berada di sekitar kawasan hutan. Artinya, masyarakat kita tinggal di kawasan sekitar hutan, dan melakukan aktivitas perekonomian di kawasan itu,” ujar Audy.

Oleh karena itu, sambung Audy, ketergantungan Sumbar terhadap kawasan hutan sangat tinggi, dan hutan di Sumbar juga termasuk hutan yang sangat terjaga. Oleh karena itu, Pemprov Sumbar sangat fokus pada pengembangan perhutanan sosial, karena terdapat potensi besar ekonomi yang bisa dimanfaatkan masyarakat, dan di sisi lain masyarakat juga menjadi aktor utama dalam menjaga hutan.

“Sumbar adalah provinsi pertama yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Perhutanan Sosial. Ini bentuk komitmen dan keseriusan kita dalam pemberdayaan hutan dan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di kawasan hutan. Sejauh ini jumlah kawasan perhutanan sosial kita mencapai 390 ribu hektare dengan lebih 250 unit usaha yang bergiat di dalamnya,” ucap Audy lagi.

Sambung Audy, Pemprov Sumbar telah menjalin kerja sama dalam berbagai bentuk di puluhan nagari. Ia pun menegaskan, bahwa Pemprov Sumbar selalu siap untuk berkolaborasi dalam pengelolaan dan pemberdayaan hutan, terutama sekali perhutanan sosial. “Sebab, perhutanan sosial sangat mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat kita, khususnya mereka yang tinggal di kawasan hutan,” ujar Audy lagi.

Hal senada juga disampaikan Dino Patti Djalal selaku Ketua Rombongan Delegasi WRI dalam pertemuan tersebut. Ia menegaskan, WRI selalu berkomitmen dalam usaha-usaha pemberdayaan dan pelestarian kawasan hutan.

“Terutama sekali di Sumbar. Banyak hal dapat kita kolaborasikan untuk menjaga hutan dan memaksimalkan potensinya untuk kepentingan masyarakat,” ucap Dino dalam diskusi yang dipandu oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozawardi tersebut. (adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *