Pendidikan

Cendekia Festival 2024, Ajang Potensi Akademik Mengembangkan Lingkungan Berkelanjutan

Pekanbaru, pilarbangsanews.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Riau Cendekia (URC) melaksanakan kegiatan Cendekia Festival (C Fest) 2024 yang dilaksanakan di Ruangan Siak Sri Indrapura Aula Rektorat Lantai 4 pada Jum’at, 18 Oktober 2024.

Ebel Vigrajuska Asri selaku pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan event competition berskala nasional dengan berbagai perlombaan diantaranya essay ilmiah, poster ilmiah, space, dan debat mahasiswa.

Yang mana menurut Ebel, URC ini bermaksud untuk mengembangkan potensi akademik dan ilmiah dari mahasiswa disebagian wilayah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

“Jadi selain rangkaian perlombaan kita juga akan melaksanakan seminar nasional yang diisi oleh pemateri dari Dispora Riau, pegiat konten kreator dibidang pendidikan,” ujar Ebel seraya mengatakan event C Fest merupakan ajang mendapatkan titel mahasiswa berprestasi.

“Di ajang ini juga kami mengharapkan bagaimana cara mahasiswa tersebut menciptakan aksi nyata untuk pengembangan lingkungan yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Pj.Gubernur Riau yang diwakili oleh Kacab Wilayah III Dinas Pendidikan Provinsi Riau Aldela Tambusai S.Ag, M.Pd.I, menyampaikan apresiasinya bahwa Cendekia Festival 2024 ini merupakan wujud Peran Pemuda dalam Menciptakan Lingkungan yang Berkelanjutan.

Aldela juga menambahkan kegiatan C Fest ini sejalan dengan konsep Pemerintah Provinsi Riau dalam membangun Riau Hijau, melalui langkah-langkah strategis yang melibatkan perguruan tinggi, swasta, organisasi non pemerintah, mitra pembangunan serta media.

“Maka dari itu sebagai agen perubahan, dengan sikap kritis dan semangat mahasiswa serta para pemuda kita memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan suatu gerakan perubahan misalnya dengan Kebersihan lingkungan. Dengan membawa ide-ide inovatif, bisa menjadi penengah di tengah maraknya isu perubahan iklim,” jelas Aldela.

“Kami berharap mahasiswa sebagai para pemuda dapat secara aktif untuk mensosialisasikan kesadaran perubahan dan krisis iklim, gaya hidup ramah lingkungan, dan berbagai bentuk praktek pelestarian lingkungan kepada seluruh komponen masyarakat, serta melakukan advokasi mengenai krisis dan perubahan iklim melalui forum-forum di berbagai tingkatan administrasi,” tutupnya.

Sementara itu Pemerintah kota Pekanbaru melalui Dinas Pariwisata sangat mendukung penuh kegiatan Cendekia Fest 2024 dengan memberikan fasilitas-fasilitas tempat gedung untuk pengembangan potensi dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

“Mudah-mudahan kegiatan positif ini bisa memberikan manfaat sisi kreatif baru bagi masyarakat kota Pekanbaru. Semoga event ini bisa dipertahankan setiap tahunnya dengan inovasi-inovasi baru dalam mengikuti perkembangan zaman,” singkat Sekretaris Dinas Pariwisata kota Pekanbaru, Ardiansyah.

Adapun tema yang diangkat pada event Cendekia Festival 2024 yakni cendekiawan as agent of change : the active role of youth in creating A sustainable enviroment  yang artinya peran pemuda dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. (*)

Penulis : Mirza Yamoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *