Pessel

PPP Pessel Tetap Konsisten Walaupun bisa sendiri Usung Cabup/wacabup di Pilkada

Painan, PilarbangsaNews.com,–
Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60/PUU-XXII/2024 tentang batas pengusulan calon kepala daerah, dapat membuat bubarnya pasangan calon partai koalisi. Karena masing masing partai yang berkoalisi itu bisa mengusung satu pasang calon kepala daerah ikut dalam pemilu kepala daerah.

Walaupun demikian PPP akan tetap konsisten dengan kesepakatan koalisi mereka mendukung pasangan Hendrajoni-Risnaldi Ibrahim (HJ-RI).

Redaktur media PilarbangsaNews.com mencoba mengajukan pertanyaan lewat pesan whatsApp kepada Ketua DPC PPP Pesisir Selatan Marwan.

“Bang marwan.. PPP bisa mangajukan pasangan calon tanpa berkoalisi dengan partai lain dengan keluarnya keputusan MK . Apakah PPP tetap istiqomah, apakah tidak akan berubah?”

“PPP konsisten,” jawab Marwan singkat.

Jawaban singkat Ketua DPC PPP Pessel ini bisa diartikan bahwa “janji arek” berkoalisi dengan Partai Nasdem mendukungan pasangan Hendrajoni-Risnaldi Ibrahim tak akan diungkai lagi sekalipun ada angin puting beliuang diluar sana.

Golkar Tunggu Mubes

Lantas bagaimana dengan Golkar. Apakah partai berlambang pohon beringin ini akan memberikan tiket kepada pasangan calon bupati/cawabup untuk ikut kontestasi pada Pilkada Pessel.

Redaktur PilarbangsaNews.com mencoba menghubungi Ketua DPD Golkar Kabuapaten Pesisir Selatan, Syafril Syaputra. “Ketua apakah dengan pitusan MK itu, Golkar Pessel punya kesempatan mengusung sendiri Pasangan Cabup/cawabupnya?,” tanya pilarbangsaNews.

Syafril yang kini sedang berada di jakarta mengikuti Mubes Golkar, belum bisa memastikan bagaimana respon partainya terhadap putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024.

Alun tahulai da, sudah Munas jaleh arah dan kebijakan Partai..,” kata Syafril dalam bahasa daerah yang artinya partai Golkar belum mengambil keputusan terkait hal pencalon dalam Pilkada Pessel, nanti selesai Munas baru jelas kemana arah kebijakan partai.

Munas Partai Golkar ini, dimulai Selasa pagi (20/8/2024) akan berakhir hari ini Rabu (21/8/2024). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia terpilih dalam Mubes itu menduduki kursi ketua umum (ketum) Partai Golkar.

Sebelumnya media pilarbangsaNews.com merilis bahwa Rusma Yul Anwar Bacalon Bupati Pessel In Cumband mendapat dukungan dari 4 partai masing masing PKB, PKS, Partai Demokrat dan Golkar.

Ketika diminta konfirmasi kepada Syafril Syaputra, dia menyebutkan belum mengatahui bahwa Partainya mendukung Rusma Yul Anwar yang akan berpasangan dengan Nasta Oktavia.

Walaupun begitu Syafri mengatakan ” bisa jadi arah dukungan Golkar kepada RA. Makanya RA mengaku dia didukung Golkar.

Iyo, mungkin arahnyo alah kebeliau, makonyo stagmen beliau seperti itu, walaupun Rekom dari partai alun kalua lai da,” kata Syafril dalam bahasa daerah yang artinya. “Iya, mungkin arahnya dukungan sudah ke beliau (RA)..makanya statemen beliau (RA) seperti.itu. walaupun rekom dari partai belum keluar”. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *