Wartawan

Plt Ketua PWI Sumbar: Wartawan Harus Jaga Netralitas Dalam Pemberitaan Pilkada

Padang, PilarbangsaNews

Pelaksana Tugas Persatuan Wartawan (PLT PWI) Ketua Sumbar, Faisal Budiman meminta wartawan menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Netralitas wartawan sangat memengaruhi isi berita yang mereka sajikan. 

“Wartawan adalah pilar keempat demokrasi. Maka kita wajib bersikap independen, tidak memihak kepada salah satu pasangan calon di Pilkada,” kata Faisal Budiman, di Padang (21/09/2024).

Katanya, wartawan harus tetap menyajikan berita secara independen dan berimbang. Dia juga meminta wartawan bersikap adil dalam membuat berita. Terutama dalam menyampaikan progam unggulan masing-masing pasangan calon kepala daerah.

“Artinya semua program atau visi misi Paslon wajib kita tulis. Jangan hanya mengarah satu pasangan calon saja. Tujuannya agar masyarakat tahu dan paham visi dan misi masing-masing calon,” kata Ajo sapaan akrab Faisal Budiman.

Dijelaskan Ajo, netralitas wartawan juga menjadi upaya menjaga Pilkada berlangsung aman. Dia mengatakan wartawan jangan menjadi pihak yang mengadu domba, memecah belah, atau membingungkan masyarakat pemilih, lewat berita yang mereka sajikan.

Dengan bersikap netral, tambah Ajo, wartawan membantu memunculkan pemimpin jujur sebagai hasil pemilihan. “Wartawan mesti sensitif dan tidak gegabah mengangkat isu atau informasi yang berpotensi memicu konflik. Maka kita harus mengedepankan prinsip jurnalisme damai,” terang Ajo. (Rel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *