.

Didominasi Anak Muda, Vaksinasi Sapu Jagad di Kelurahan Subarang Batuang

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Lurah Subarang Batuang, Kota Payakumbuh, Sumbar, Muhammad Khair tampak bahagia melihat masyarakat yang berbondong-bondong datang ke kantor lurah untuk menyukseskan pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Sapu Jagad dengan vaksinator dari Puskesmas Parit Rantang, Senin (4/10).

Lurah Subarang Batuang Muhammad Khair mengaku tidak ada lagi warganya yang positif Covid-19. “Dulu ada 10 orang di yang terpapar Covid-19, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi,” kata Lurah Muhammad Khair yang didampingi Kanit Sabara Polsekta Payakumbuh AKP Maisir dan Bhabinkamtibmas Bripka Dony Muchtar.

“Kita bersyukur kasus menurun dan sekarang kita tinggal menyukseskan vaksinasi agar mencapai herd immunity, kami komitmen mempertahankan zona hijau kedepannya. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atas tingginya animo mereka untuk mendapatkan vaksin, ditambah beberapa peserta didominasi oleh anak muda,” ujar Lurah yang pernah menjabat ajudan dari Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus itu.

Pelaksanaan vaksinasi kali ini ditargetkan selesai cepat, karena dalam waktu 3 jam sudah lebih dari 60 orang yang mendaftar. Lurah harus membagi jumlah orang yang masuk ke dalam area vaksinasi agar tidak membludak, sementara bila waktu tidak mencukupi, maka nanti warga selanjutnya bisa datang ke Puskesmas untuk ikut vaksinasi.

Di lokasi acara, terpantau peserta vaksinasi ada siswa SMP Mutiara Hati yang datang bersama Kepala Sekolahnya Dwi Lestari. Mereka datang berombongan, awalnya direncanakan lebih dari 30 siswa ikut vaksin, tetapi karena ada pembagian shift rombongan belajar, maka untuk hari Senin (4/10) ini sebanyak 15 siswa saja.

“Pihak sekolah menyambut positif pelaksanaan vaksinasi ini, bahkan orang tua siswa juga mendukung dengan telah jauh hari kita dapat surat persetujuan yang sudah ditanda tangani oleh orang tua siswa. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Pemko Payakumbuh dengan mendekatkan akses vaksinasi ke kantor kelurahan, sehingga mudah dijangkau. Semoga dengan banyak siswa divaksin kita bisa segera belajar tatap muka secara full,” ungkapnya.

Dijelaskan Dwi, pihak sekolah masih melihat respon, saat ini hampir 50 persen orang tua yang telah berminat anak-anaknya divaksin. Bila animo terus meningkat maka direncanakan pihak sekolah akan bekerjasama dengan Puskesmas jemput bola ke sekolah untuk melaksanakan vaksinasi.

“Tenaga pendidik kami hampir 100 persen divaksin, yang belum tinggal beberapa guru baru dan guru dengan kondisi medis khusus yang belum boleh divaksin,” tukuknya.

Salah satu peserta vaksinasi di Kantor Lurah Subarang Batuang ini, Zainab mahasiswi STAIDA memberikan tanggapan dengan adanya vaksinasi di setiap kelurahan yang diadakan oleh Pemko Payakumbuh ini. “Vaksinasi di kelurahan ini sangat mempermudah akses masyarakat. Saya sengaja datang dari Kelurahan Tanjung Pauh untuk melakukan vaksinasi di Subarang Batuang. Vaksinasi ini adalah antisipasi dan salah satu bentuk pertahanan kita untuk mencegah diri dari Covid-19. Selain itu keuntungan lainnya sertifikat vaksin juga akan mempermudah kita melakukan perjalanan keluar kota,” ungkapnya.

Masyarakat lainnya di lokasi vaksinasi turut memberikan tanggapan positif terhadap program yang digencarkan oleh Wali Kota Riza Falepi ini berupa vaksinasi jemput bola ke kelurahan dan Puskesmas. “Memang cara ini mempermudah masyarakat, khususnya warga Payakumbuh melakukan vaksin. Kami sangat berterimakasih kepada Pemko khususnya yang telah membuat program ini,” kata salah seorang lansia.

Ada lagi, Aqila Subedalima, siswi kelas 7 SMP Mutiara Hati mengaku dirinya sangat antusias dengan adanya vaksinasi ini. Tidak ada unsur keterpaksaan baik dari orangtua atau wali murid, ia berkemauan sendiri ikut vaksinasi agar lebih imun dari Covid-19 dan memudahkannya apa bila bepergian ke luar kota.

“Dari sekolah juga kami tidak ada unsur keterpaksaan, dan tidak diharuskan ikut vaksinasi. Jadi kami disini memang atas kehendak dari diri sendiri,” kata Aqila. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *