.

Aksi Kapolda Sulsel Irjen Polisi Umar Saptono Lagi Lagi Menuai Decak Kagum

.

.

PILARBANGSANEWS. COM. BATANG KAPEH,–
Satu lagi postingan Vidio di Facebook barusan saya tonton tentang aksi humanis yang dilakukan oleh Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Umar Septono.

Dalam Vidio berdurasi 2menit 56 detik itu, Kapolda memasuki pasar, nampak para pedagang dan pengunjung pasar disalaminya satu persatu.

Kalau tidak pedagang atau pengunjung pasar itu yang duluan menjulurkan tangannya, Kapolda yang mengacungkan tangannya minta salaman.

Saya tidak tahu pasar mana yang menjadi kunjungan kapolda, tapi jelas itu salah satu pasar yang ada di Kota Makassar. Tukang ojek, pejalan kaki pedagang kaki lima siapa yang berpapasan dengan kapolda, tak seorangpun luput dan tak seorang pun pula tidak menyempatkan diri bersalaman dengan Kapolda.

Dari sekian banyak warga, pedagang, pejalan kaki, pengunjung pasar yang berselaman dengan Kapolda saya hitung yang mencium tangan Kapolda ada 4 orang, dua orang dewasa, 1 anak anak dan satu lagi remaja.

Sementara Kapolda, ada 3 orang nenek nenek pedagang sayur di kaki lima, tangannya yang dicium Kapolda saat bersalam.

Nenek nenek itu, mungkin tidak mengetahui siapa orang yang mencium tangannya, mungkin dia tahu hanya seorang polisi “ada apa orang ini cium tangan saya,” begitu si nenek membatin sebab usai bersalaman itu si nenek memperlihatkan wajah herannya.

Sejak si nenek berjualan mungkin itu adalah pengalaman pertama tangannya dicium oleh seorang polisi.

Seandainya si nenek tahu siapa yang barusan menyalami dan mencium tangannya itu, mungkin si nenek tak akan membiarkan orang nomor 1 di Polda Sulsel itu mencium tangannya.

Ke 3 orang nenek itu baru tahu bahwa yang menyalami mereka tadi komandan polisi di Provinsi Sulsel setelah diberi tahu oleh pedagang lainnya yang kenal dengan wajah Kapolda mereka.

Sementara itu salah satu media Online memberitakan aksi Kapolda yang bikin decak kagum dan inspiratif kembali dilakukan mantan Kapolresta Padang ini usai menunaikan sholat Jumat.

Seorang anak peminta-minta, awalnya disalami Kapolda, beberapa saat kemudian Kapolda langsung mencium anak tersebut.

Sama dengan nenek nenek pedagang yang diceritakan diatas, bagi anak kecil tersebut. Ini pengalaman pertama baginya yang tak akan pernah dia lupakan.

Seandainya anak tersebut kelak bernasib baik dan memiliki kedudukan yang bagus, dia tak akan membiarkan anak anak yang minta minta berlalu tanpa mendapat apa-apa darinya.

Bagi anda yang menganggap aksi humanais Kapolda itu sebagai sesuatu yang berlebihan, namun Kapolda Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Umar Septono , setidaknya telah menanamkan rasa kasih sayang kepada anak peminta minta itu dan tak mungkin terlupakan baginya sepanjang anak itu ada dimuka bumi ini. (YY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *