Dharmasraya

Dana Desa Th 2018 Di Nagari IV Koto Pulau Punjung Bangun Drainase

.

.

Dharmasraya, Pilarbangsanews- Nagari IV Koto Pulau Punjung fokuskan penggunaan Dana Desa tahun 2018 untuk kegiatan pembangunan Drainase di Jorong Pasar Pulau Punjung dan pengembangan Bumnag produksi air kemasan.

Hal itu disampaikan oleh Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung David Iskan saat awak media ini datang berkunjung ke kantornya, Rabu ( 18/4 ) di Pulau Punjung.

Dana Desa sebesar Rp 115.000.000 dialokasikan untuk pembangunan Drainase sepanjang 215 meter dan pemasangan plat decker sebanyak 15 titik.

” Untuk Dana Desa tahun 2018 ini, Dana Desa tahap awal sebesar 20% akan kita fokuskan di Jorong Pasar Pulau Punjung, karena pada tahun tahun sebelelumnya Jorong Pasar tersebut belum tersentuh oleh Dana Desa, ” ucap David Iskan.

Pelaksanaan Dana Desa yang dialokasikan sebesar rp 115.000.000 untuk pembangunan drainase dan pemasangan 15 titik plat decker guna mengatasi banjir dilingkungan perumahan masyrakat bila musim hujan sudah selesai dikerjakan.

Dalam RAB sepanjang 215 meter bisa diselesaikan sepanjang 230 meter, begitu juga dengan waktu pelaksanaan kegiatan dilapangan pada kalender kerja 60 hari mampu dituntaskan dalam jangka waktu 50 hari berkat adanya swadaya masyarakat di Jorong Pasar.

” Sebagai TPK di Kenagarian IV Koto Pulau Punjung sistem yang kami terapkan adalah dimana kegiatan Dana Desa dilakukan maka yang jadi TPKnya adalah masyarakat dilokasi Dana Desa dilakukan, tutur Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung.

” Dengan begitu apa yang dibutuhkan dan yang direncanakan masyarakat terkait permasalahan dilingkungan merekalah melakukan pengerjaannya, ” sambung David Iskan.

Untuk Dana Desa tahap II akan dialokasi Dana Desa sebesar rp 400.000.000 untuk pengembangan Bumnag yang akan bergerak memproduksi air minum kemasan dengan merk ” AFiKA ” yang juga akan terciptanya lapangan kerja.

” Tak hanya sebatas pembangunan semata yang yang dilakukan di Kenagarian IV Koto Pulau Punjung, untuk perawatan seluruh kegiatan Dana Desa yang telah dikerjakan nanti menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar bersama kepala jorongnya masing masing untuk merawatnya nanti ” ucap Andre Kaur Perencanaan Kenagarian IV Koto Pulau Punjung saat mengantarkan Pos Metro meninjau lokasi pelaksanaan kegiatan Dana Desa di Jorong Pasar Pulau Punjung.( Rjl/ Nofsan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *