Bukittinggi

POLRES BUKITTINGGI MELAKSANAKAN UPACARA HUT BHAYANGKARA KE 72

PILARBANGSANEWS. FOM. BUKITTINGGI,-– Melalui Tema *Dengan Semangat Promoter Polri Siap Mengamankan Agenda Kamtibmas Tahun 2018 dan 2019*, pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018 pukul 08.30 Wib di halaman Polres Bukittinggi telah dilaksanakan Upacara Hut Bhayangkara ke 72 tahun 2018.

Dalam upacara ini yang bertindak selaku Irup dalam adalah Kapolres Bukittinggi Akbp Arly Jembar Jumhana, S.I.K., M.H., dan Komandan Upacara adalah Kaur Bin Ops Sat Sabhara Polres Bukittinggi Ipda Sunardi.

Peserta Upacara dan undangan dalam Upacara Hut Bhayangkara adalah sebagai berikut :
– Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi, SH.
– Dandim 0304 Agam Lekol (Kav) Salim Kurniawan Dewantara, SH,SE
– Bupati Agam Ir. H. Indra Catri, MSP. Dt. Malako Nan Putiah.
– Ketua Pengadilan Negeri Kota Bukittinggi Dadi Rachmadi, SH., MH
– Ketua Pengadilan Agama Kota Bukittinggi Dra. Orba Susilawati, SH, MH
– Kajari Bukittinggi DR. Zulhadi Safitri Noor, SH., MH
– Wakapolres Bukittinggi Kompol Albert Zai, S.I.K., M.H
– Dansub Den Pom I/4-3 Bukittinggi Lettu CPM Yulfrinel
– Unsur SKPD Kota Bukittinggi
– Para Purnawirawan
– Para Wakauri
– Para Kabag
– Para Kasat
– Para Kapolsek/ta sejajaran Polres Bukittinggi
– Para Perwira staff sejajaran Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Personil Gab Sub Den POM dan Provos Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Personil TNI Kodim 0304 Agam
– 1 Pleton Personik Sat Sabhara Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Personil Sat Lantas Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Personil Gab Bhabinkamtibmas Sejajaran Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Pers Sat Reskrim Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Pers Sat Intelkam Polres Bukittinggi
– 1 Pleton Pers Satpol PP Kota Bukittinggi
– 1 Pleton Pers BPBD Kota Bukittinggi

– 1 Pleton Pers Senkom.

Kapolres Bukittinggi selaku Irup membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam rangka Hut Bhayangkara ke 72, pada momen yang berharga ini Presiden menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya kepada anggota Polri yang dengan penuh kesungguhan bertugas didaerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan, serta yang sedang mengemban misi Internasional di luar negeri.
Saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang bertugas di jalan-jalan raya untuk memastikan lalu lintas selama mudik lebaran berjalan lancar. Presiden menyampaikan apresiasi kepada anggota yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan tenang. Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polru yang bekerja keras agar penyelenggaraan Pilkada serentak 171 daerah bisa berjalan secara aman dan tertib. Saya yakin apa yang dilakukan oleh setiap anggota Polri adalah wujud pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa dan negara. Seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia dimanapun berada tengah melaksanakan tugas mulia, terhormat dan membanggakan sebagai Bhayangkara Negeri. Bhyangkara Negeri yang selalu sigap menjaga keamanan, ketertiban serta memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Pada peringatan hari Bhayangkara ke 72 ini, kita mendapatkan kabar baik karena dunia Internasional telah menempatkan Indonesia kedalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan Law And Order Index yang dikeluarkan oleh lembaga riset internasional Gallup’s Law And Order. Sebuah capaian yang membanggakan. Sebuah capaian yang harus kita jaga dan pertahankan. Sebuah capaian yang merupakan hasil kerja seluruh elemen bangsa. Didalamnya, tentu ada peran anggota Pokri, ada kerja keras anggota Polri, serta ada pengabdian dan dedikasi anggota Polri. Tapi, saya mengingatkan agar seluruh anggota Polri tidak cepat berpuas diri. Karena, ke depan, Polri akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Tuntutan dan harapan rakyat terhadap Polri semakin meningkat. Terlebih lagi saat dunia sekarang ini terus berubah, terus berkembang dan bergerak dengan kecepatan tinggi yang membawa tantangan baru, membawa ancaman-ancaman baru terhadap situasi keamanan dalam negeri.
Di era digital seperti saat ini, Polri harus mampu mengantasipasi perkembangan tindak kejahatan yang semakin beragam, berevolusi dalam berbagai wujud dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Polri juga harus semakin siap menghadapi kejahatan yang bersifat transnasional seperti ancaman kejahatan siber, human trafficking, drug trafficking, sampai armed smuggling. Selain itu Polri harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan dalam menghadapi ancaman kejahatan terorisme. Terorisme adalah kejahatan luar biasa terhadap negara, bangsa serta kemanusiaan. Hampir semua negara di dunia menghadapi ancaman kejahatan terorisme ini.
Selain itu Presiden mengingatkan tugas-tugas besar telah menanti Polri mulai dari Pengamanab rangkaian tahap Pileg dan Pilpres 2019, pengamanan Natal dan Tahun Baru, hingga pengamanan agenda internasional seperti pelaksanaan Asian Games ke 18 dan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. Semuanya perlu membutuhkan langkah antisipatif, memerlukan perencenaan yang detail dan matang, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal. Polri juga perlu senantiasa menjalankan perannya dalam menjaga kerukunan serta menjaga nilai-nilai kebhinekaan. Polri harus terus mengantisipasi dan mencegah berbagai potensi konflik horizontal dengan mengangkat sentimen primordial, seperti mempertentangkan perbedaan suku, agama, dan ras. Polri harus tetap membangkitkan rasa persaudaraan, menggalang kerukunan dan persatuan antar elemen masyarakat, sehingg kita tidak masuk dan terjebak dalam lingkaran permusuhan dan kebencian.

Sebelum mengahiri amanatnya, Presiden Republik Indonesia menginstruksikan seluruh jajaran kepolisian Negara Republik Indonesia untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya sebagai berikut :
1. Mantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri untuk menumbuhkan dan memperkokoh semangat kebersamaa dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks

2. Lakukan perbaikan terhadap kelemahan yang ada terutama penegakan hukum secara profesional, transparan dan berkeadilan.

3. Tekan budaya koruptif dan hindari tindakan yang berlebihan atau kekerasan eksesif karena kontra produktif dan berdampak turunnya tingkat kepercayaan publik kepada Polri.

4. Kedepankan langkah-langkah pencegahan melalui proactive policing strategy dan tindakan humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial yang timbul.

5. Tingkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi dengan TNI dan semua elemen pemerintah maupun masyarakat sebagai inplementasi pendekalan sinergi polisional.

Dalam Hut Bhayangkara ke 72 kali ini Polres Bukitinggi memberikan hadiah perlombaan kepada para pemenang antara lain sebagai berikut :
1. Lomba Poskamling
a. Juara I Poskamling Rt 01 Rw 01 Kel. Aur Kuning Kota Bukittinggi
b. Juara II Poskamling Jorong Sungai Tanang Ketek Nag. Sungai Tanang Mudiak Kec. Banuhampu
c. Juara III Poskamling Jorong bansa Nagari Kamang Mudiak

2. Lomba Bhabinkamtibmas
a. Juara I Bripka Syaifu Hendra
b. Juara II Bripka Miftahul Husni
c. Juara III Aipda Ade Candra, S.Sos

3. Lomba khotbah
a. Juara I Bripka Syaiful Hendra
b. Juara II Aiptu Khaidir
c. Juara III Bripka Hari Saputra.
Kemudian Kapolres Bukittinggi juga memberikan bingkisan kepada para purnawirawan Polri dan warakawuri Polri yang hadir dalam upcacara dimaksud, dan kemudian dilanjutkan dengan syukuran Hut Bhayangkara di aula Polres Bukittinggi. (Stj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *