.

“ATM SEHAT” (Oleh: DR. Budhi Mulyadi Dt Bandaro Sati,SKp.,M.Kep.,Ns.Sp.Kep.Kom, Ns Sigit Muhammad Nuzul,SKep, Ahmad Zaki Anshari, S.Kom

ATM sehat merupakan saarana media multifungsi berbasis android di tempat fasilitas umum (public area) yang bermanfaat untuk memberikan masyarakat tentang pengetahuan kesehatan(pijat jantung saat henti jantung,pertolongan pada patah tulang, pertolongan pada perdarahan mendeteksi dini masalah kesehatan (tekanan darah, timbangan BB, dan kadar gula darah), tombol panic berbasis Global Positioning System (GPS), konsulatsi dokter, database kesehatan, obat-obat emergency,dan alat pacu jantung (automatic emergency defibrillation/ AED), juga ditambah dengan tempat charger HP yang dapat digunakan oleh semua orang.

Latar Belakang
Masalah kesehatan di Indonesia sebenarnya dapat dicegah melalui upaya promosi, preventif, dan rehabilitasi kesehatan di tataran pelayanan primer (lingkungan masyarakat dan keluarga). Akan tetapi, upaya tersebut belum berjalan dengan optimal. Keterbatasan dana, tenaga, dan fasilitas kesehatan menjadi kendala terbesar. Akibatnya terjadi diskontinuitas pendidikan kesehatan dan pelayanan di lingkungan masyarakat, khususnya pada keluarga. Dibutuhkan inovasi alat yang dapat menghubungkan berbagai stakeholder kesehatan dengan seluruh masyarakat dan keluarga secara berkesinambungan. Inovasi yang diberi nama Multifunction Telehealth device (ATM Sehat) merupakan alat kesehatan jarak jauh multifungsi yang berbentuk tempat penyimpanan obat dan first aid, dilengkapi layar touchscreen yang berisikan berbagai fitur Telehealth, pengukur tekanan darah otomatis, dan dapat ditambahkan alat monitoring kesehatan tertentu. ATM Sehat menghubungkan stakeholder yang melakukan upaya kesehatan promosi, prevensi, rehabilitasi langsung kepada masyarakat dan keluarga. Alat ini akan menjadi Telehealth station di lingkungan masyarakat dan keluarga melalui pemanfaatan aplikasi dan alat Telehealth.

Manfaat Produk
Anjungan Telehealth Masyarakat Sehat (ATM Sehat) merupakan alat kesehatan jarak jauh yang mampu menjawab tantangan tersebut. ATM Sehat merupakan alat kesehatan jarak jauh multifungsi yang berbentuk tempat penyimpanan obat pertolongan pertama dengan layar touchscreen yang berisikan berbagai aplikasi telehealth, dilengkapi dengan AED (Automatic External Defibrillator), pengukur tekanan darah otomatis, dan timbangan berat badan untuk monitoring kesehatan. Alat ini dapat terkoneksi dengan server via jaringan internet selular dan wifi.

Alat ini dilengkapi human interface dengan os android ATM Sehat dilengkapi beberapa aplikasi dasar seperti iklan sehat yang menampilkan gambar slide show untuk promosi kesehatan, sehingga masyarakat lebih sadar terhadap masalah kesehatan. Aplikasi video sehat berisikan tutorial pertolongan pertama pada beberapa kasus gawat darurat medis dan cara penggunaan AED. Aplikasi 119 Kemenkes RI untuk memanggil ambulans dengan cepat. Alat ini menggunakan OS Android sehingga dapat ditambahkan aplikasi kesehatan lain dari play storeTM seperti alodokterTM untuk melakukan konsultasi kesehatan, dan ihealthTM untuk menyimpan hasil monitoring kesehatan serta mengirimkannya kepada petugas kesehatan. ATM sehat juga dilengkapi pengukur tekanan darah otomatis yang terhubung dengan aplikasi ihealthTM untuk deteksi dini penyakit hipertensi dan bahaya eklampsi pada ibu hamil. Selain itu terdapat pula timbangan berat badan yang juga terhubung dengan aplikasi ihealthTM untuk deteksi dini obesitas dan jumlah lemak di dalam tubuh.
ATM Sehat diharapakan menjadi penghubung stakeholder yang melakukan upaya kesehatan promosi, prevensi, rehabilitasi, monitoring, dan kuratif langsung kepada seluruh lapisan masyarakat. Alat ini akan menjadi telehealth station di lingkungan warga (Rukun Tetangga/RT), sekolah, kantor, tempat umum/rekreasi, stasiun, bandara, hotel dan apartemen.

Keunggulan Produk
Keunggulan produk ATM Sehat adalah dapat ditambahkan berbagai macam aplikasi dan alat telehealth. Perkembangan teknologi aplikasi telehealth terus berkembang menghasilkan berbagai macam inovasi yang diharapkan mampu meningkatkan kemandirian dan kesehatan masyarakat. Selain itu alat ini dilengkapi dengan alat monitoring kesehatan, sehingga tidak hanya berbentuk kiosk informasi kesehatan. Keberadaan pengukur tekanan darah dan timbangan berat badan yang terhubung dengan aplikasi dan server, mampu menarik perhatian masyarakat untuk mau menggunakan alat ini. ATM Sehat juga dilengkapi AED dan video tutorial cara penggunaannya, sehingga mendidik masyarakat bagaimana cara menggunakan AED.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *