Sumatera Barat

Penilaian Tahap III Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Di Sumbar

PADANG, PILARBANGSANEWS. COM,– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM 2 Agustus 2018 membuka sekaligus memberikan pengarahan dihadapan Kepala Desa, Walinagari dan Lurah yang mendapat nominasi ke tingkat Provinsi Sumatera Barat di Aula DPMD Sumbar jalan Pramuka Nomor 13 Khatib Sulaiman Padang.

Dalam sambutannya beliau mengatakan ekspose (pemaparan) oleh Kepala Desa, Wali Nagari dan Lurah merupakan rangkaian atau tahapan dari Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018, materi ekspose yang disampaikan adalah apa saja yang telah dilaksanakan oleh Kepala Desa, Wali Nagari dan Lurah dalam melaksanakan pembangunan di wilayahnya, sekalipun Tim Juri sudah melakukan klarifikasi ke lapangan, namun tetap saja hal-hal baru yang belum terlihat oleh tim, untuk itu sampaikanlah ketika pelaksanaan pemaparan (ekspose), dan sampaikan sepuas-puasnya dan sebanyak-banyaknya namun tetap diatur waktunya. Demikian arahan singkat mantan Pj. Bupati Dharmasraya ini.

Penilaian Tahap III ini dihadiri pula oleh Tim Pemantau dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang berjumlah empat orang yaitu: Sriwahyu.F.Firman, Bambang Sasongko, Nurlaily Sa’adah dan Fachru Rozy. Menurut Sri Rahayu pemantauan dilakukan adalah untuk membuktikan apakah betul Lomba Desa Berprestasi ini dilaksanakan, sebab ada di beberapa daerah lomba ini tidak dilaksanakan, padahal sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 Tahun 2018 tentang “Evaluasi Perkembangan Desa” perkembangan Desa itu dinilai sesuai dengan indikator dan bidang yang telah ditetapkan, sehingga perkembangan Desa dari tahun ke tahun semakin jelas. Hasilnya nanti bisa digunakan sebagai bahan pembinaan ke depan, demikian Ayu menjelaskan.

Pelaksanaan ekspose ini dihadiri oleh semua Tim Juri, terdiri dari Drs. H. Akmal Firdaus dan Drs. H. Basril Thaher dari unsur Pamong Senior, Hj. Fatmawati. SH, dari PKK, Darmansyah Siroen. SH dari LPM, Azwar. SE. MSi, Ir. Effi Zulfia Naros, Firmanto. SIP, Drs. Akral. MM, M. Fariz Aulia. SIP. MM dari DPMD, yuanda Ogi Permana Putra. SIP. MH, dari Biro Pemerintahan Setda Pro. Sumbar, Masta. S. Sos. MSi dari Badan Besbangpol, Drs. Alkabri dari Dinas Pendidikan dan Ade Prima. S dari Dinas Kesehatan.

Hasil penilaian ekspose (pemaparan) ini akan diakumulasi dengan nilai adminstrasi dan klasifikasi di lapangan oleh masing-masing juri, maka akan diperoleh nilai total, dan nilai tertinggi menjadi nomor satu. Nomor 1,2 dan 3 akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, tropy dan piagam, khusus untuk pemenang nomor satu akan dibawa ke istana Tampak Siring Bali dalam rangka Pekan Inovasi Desa tahun 2018. Demikian dilaporkan. (by. Akral)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *