NTB

Peringatan Dini Potensi Tsunami Pasca Gempa di Lombok Telah Berakhir

JAKARTA, PILARBANGSANEWS. COM,-– Peringatan dini potensi tsunami akibat gempa bumi yang terjadi di Sumbawa, sudah berakhir, namun kepada masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap gempa susulan.

Kepala BMKG Pusat Dwikorita Karnawati kepada wartawan di Jakarta mengharapkan kepada masyarakat yang berada di Lombok yang rumahnya tidak retak dipersilahkan kembali kerumahnya masing masing. Namun diharapkan tetap waspada.

Namun bagi rumah yang telah mengalami retak, diharapkan agar jangan kembali dulu kerumah masing-masing, sebab walupun guncangan rendah namun dikawatirkan dapat merusak dan meruntuhkan bangunan yang telah retak retak itu

Tsunami Sudah Terjadi

Gempa yang telah menguncang Lombok 7,0 sr pada pukul 18:45 WIB, telah mengakibatkan tsunami setinggi kurang dari 50 CM.

Berdasarkan alat pencatat ketinggian tsunami, terjadi tsunami dibeberapa lokasi di desa Carik Pesisir Lombok Utara terdata ketinggian tsunami 13 cm pada pukul 18:48 WIB. Kemudian desa Badas Sumbawa Utara, terdata tsunami dengan ketinggian 10 cm.

Baca juga;

Gempa Besar Terjadi Di Lombok Sumbawa

Begitu juga di Pantai Lombok Sebelah Barat Daya lombok barat, tinggi tsunami 9 cm.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan pusat gempa berada pada Garis Lintang : 8.37 LS, Garis Bujur, 116.48 BT pada kedalaman 15 Km, episentri berada didarat, merupakan gesekaan lempeng bumi yang mengarah ke laut.

Kepala BNPB NTB, M Rum melalui wawancara dengan penyiar Metro TV menyebutkan sampai saat ini belum bisa diinformasikan berapa orang yang menjadi korban ataupun kerugian akibat gempa yang terjadi.

(ezl/Heri/rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *