Papua

8 Meninggal, 1 Selamat Dalam Musibah Pesawat Air PK-HVQ Jatuh Di Papua

JAYAPURA, PILARBANGSANEWS.COM – Pada Hari Minggu (12/08/18) Pukul 08.15 Wit, telah diketemukan lokasi jatuhnya pesawat Demonim Air PK-HVQ yang lost contact tepatnya di pegunungan Menuk, distrik aerambakon Kabupaten Pegunungan Bintang pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 oleh warga masyarakat oksibil.

Warga masyarakat oksibil yang menemukan lokasi jatuhnya pesawat pesawat Demonim Air PK-HVQ yang lost contact di Kabupaten Pegunungan Bintang pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 kemudian mendatangi Satgas gabungan Pagibin guna melaporkan kejadian tersebut. Menindaklanjuti informasi yang diberikan warga, Tim Gabungan yang berjumlah 80 (Delapan Puluh) orang yang terdiri dari Personil Polres Pegunungan Bintang, Brimob, TNI, Basarnas dan masayarakat setempat langsung menuju ke TKP lokasi jatuhnya pesawat.

Sesampainya di TKP, Tim Gabungan mendapati 9 (Sembilan) penumpang pesawat Dimonim Air PK-HVQ di TKP dan dari 9 (Sembilan) penumpang, 8 (Delapan) orang dinyatakan Meninggal Dunia (MD) dan 1 (Satu) selamat (masih hidup) an. Jumadi, 12 tahun, mengalami luka patah pada tangan sebelah kanan. Korban yang selamat tersebut kemudian di evakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oksibil melalui jalan darat oleh Tim Gabungan sedangkan korban yang Meninggal Dunia dalam proses evakuasi.

Jika cuaca di Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang memungkinkan atau mendukung, rencananya kesembilan korban tersebut akan di terbangkan ke Jayapura dan selanjutnya di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua untuk di Otopsi guna mengetahui identitas korban sedangkan yang selamat akan dilakukan perawatan medis lanjutan.

Seperti diketahui bahwa Pada hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 Pukul 13.50 Wit, Pesawat Dimonim Air PK-HVQ terbang dari Bandara Tanah Merah Kabupaten Boven Diguel menuju Bandara Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang. Pukul 14.17 Wit, Pesawat Dimonim Air melakukan kontak komunikasi dengan pihak Tower Bandara Oksibil.

Keterangan dari pihak Tower Bandara Oksibil bahwa Pesawat Dimonim Air PK-HVQ seharusnya sudah mendarat di Bandara Oksibil pada Pukul 14.30 Wit, namun hingga saat ini pesawat hilang kotak dan belum diketahui keberadaannya.

Adapun nama-nama penumpang Pesawat Dimonim Air PK-HVQ sebagai berikut :
1. Lessie (Pilot);
2. Wayan Sugiarta (Co pilot);
3. Sudir Zakana (Penumpang);
4. Martina Uropmabin (Penumpang);
5. Hendrikus Kamiw (Penumpang);
6. Lidia Kamiw (Penumpang);
7. Jamaludin (Penumpang);
8. Naimus (Penumpang);
9. Jumadi/CHL (Penumpang).

Tim SAR Jayapura mengirimkan 11 personil untuk membantu evakuasi korban jatuhnya pesawat dan untuk memudahkan proses evakuasi Tim SAR akan membuat 2 (Dua) Posko Utama yakni di Base Silas Papare Sentani Jayapura dan di Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang.(Ezl)

Gambar unggulan berita ini hanya kami tampilkan lukisan sebagai ilustrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *