Jabar

Yonif 407/PK Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Bagi Siswa SMK

Tegal, PILARBANGSANEWS.COM – Bertempat di Yonif 407/PK, Siswa-siswi baru SMK Bina Bangsa Kersana Kabupaten Brebes jalani kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama tiga hari. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 9 Agustus dan resmi ditutup pada tanggal 10 Agustus di Aula Kapten Damhuri Amir Yonif 407/PK, Sabtu (10/08).

Kegiatan LDK yang awalnya secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Bina Bangsa Kersana Drs. H. Taryono, M.Pd di Lapangan Mako Yonif 407/PK diikuti oleh 491 Siswa-siswi baru dengan didampingi oleh beberapa guru pembimbing.

Dalam sambuntannya, Drs. H. Taryono, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan LDK ini tidak lain adalah dalam rangka mempersiapkan generasi penerus bangsa yang mempunyai jiwa kebangsaan, dan nasionalisme.

“Saya tau, di negeri ini yang dipandang masyarakat mempunyai disiplin tinggi adalah TNI. Maka dari itu, kami bermaksud untuk menitipkan siswa-siswi baru ini agar dapat dididik menjadi pribadi yang disipilin seperti yang diterapkan oleh anggota TNI,” ungkap Drs. H. Taryono, M.Pd.

Kami berharap, untuk para pelatih agar menganggap para siswa-siswi seperti anak ataupun adik sendiri, semoga selama kegiatan LDK untuk siswa-siswi mendapatkan perubahan yang lebih baik, dan tentunya akan lebih mudah dalam menggali ilmu di sekolah jika sudah terbentuk menjadi siswa yang berjiwa disiplin,” sambungnya.

“Mewakili SMK Bina Bangsa Kersana, kami memohon maaf kepada Danyonif 407/PK dan para pelatih, manakala kami mengganggu kegiatan prajurit Yonif 407/PK serta mohon untuk dimaklumi atas segala tingkah laku dari siswa-siswi selama mengikuti kegiatan LDK ini,” pungkasnya.

Dalam kegiatan LDK ini para pelatih bermaksud memberikan shok therapy kepada para siswa-siswi. Selain diberikan bekal materi, yang paling menarik adalah praktiknya di lapangan. Disini akan dinilai jiwa kepemimpinannya ketika diberikan kasus kecil, sehingga setiap kesalahan yang dilakukan oleh para siswa-siswi pasti akan dipermasalahkan oleh pelatih.

Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan. Para pelatih dari Yonif 407/PK ingin melihat sejauh mana daya kritis dan cara berfikir siswa ketika berada dalam tekanan. Karna menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas, dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi apapun.

Beberapa materi yang diberikan dalam kegiatan LDK ini diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), Kejuangan dan Jiwa Korsa, Wawasan Kebangsaan, Out Bond, Pentas Seni, Jelajah Malam serta Renungan Malam. Dan untuk membangkitkan semangat para siswa-siswi, sebelum dilaksanakan upacara penutupan diadakan lomba PBB dan Yel-yel.

Danyonif 407/PK Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho, S.Sos., M. Tr (Han) menyampaikan, “Dalam kegiatan LDK yang dilaksanakan selama tiga hari ini, diharapkan untuk para siswa harus berubah menjadi pribadi yang berdisiplin dan cinta tanah air,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, “Untuk mewujudkan negara yang kuat sesuai yang dicita-citakan, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus memiliki keberanian, mampu menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin, menanamkan sikap mandiri serta memiliki bekal pengetahuan kepemimpinana saat mengadapi masalah dan penyelesaiannya. Disamping itu para siswa juga harus mempunyai kemampuan berorganisasi, administrasi, motivasi tinggi, serta mampu mengasah ketrampilan sekaligus mengolah mental, fisik dan rohani.” pungkasnya.(Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *