Solok Kabupaten

Berurusan Di Polres Solok Kota, Serasa Dilayani Resepsionis Hotel Berbintang 5

SOLOK KOTA, PILARBANGSANEWS. COM,– Para peselancar dunia maya Facebook dalam pekan lalu dihebohkan atas kurenah (tindakan) aparat kepolisian
Polres Solok Kota. Polres ini mendadak jadi perbincangan dikalangan netter. Para netter “bergunjing” melalui media sosial “Facebook”, khususnya masyarakat wilayah hukum Polres setempat.

Biasanya yang sering terjadi terhadap aparat yang berseragam cokelat hambar ini, bentuk hujatan atau bully-an, tapi ini tidak, warga nett memberikan pujian dan apresiasi atas kinerja dan pelayanan yang diberikannya.

Setiap person yang pernah menjabat Kapolres merasakan bertugas di Solok sangat menyenangkan, karena warga produsen beras tanamo ini, sangat mendukung program yang dilancarkan oleh polisi dalam rangka menjaga meningkatkan kondisi Kamtibmas didaerah ini.

Apalagi sejak Kapolres dijabat oleh AKBP Dony Setiawan SIK, MH angka kriminalitas menurun. Kalaupun terjadi kasusnya cepat diungkap dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Itu bukan karena saya pintar Uda…, tapi berkat semua personil disetiap satuan bergerak sesuai dengan tupoksinya masing masing,” kata Kapolres yang menyapa saya dengan sebutan uda ini.

Saya tidak sedang memuji Kapolres yang dianugerahi gelar Dt Pandeka Mudo Kayo oleh LKAM Solok, tapi yang saya ungkapkan adalah keterangan dari anak buahnya sendiri, bahwa komandannya dikenal bersih dari sunatan sunatan dana. Semua satuan bekerja menikmati sesuai dengan pagu dana dianggarkan.

Lantas Kapolres dimana dapat duit? Reski itu ada saja, Uda…, yang penting dana yang disediakan negara lumayan cukup untuk menunjang dana operasional.

Kini berkat keterbukaan itu, Polres Solok Kota dipercaya mewakili wilayah Polda Sumbar dalam rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) . Secara marathon, Polres Solok Kota terus memperbaiki diri, baik dalam peningkatan fasilitas maupun dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya.

Komitmen, kesungguhan dan kerja keras Polres Solok Kota yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Dony Setiawan,S.IK,MH bersama Waka Polres Kompol Sumintak,SH dalam menciptakan pelayanan yang prima menuai hasil dan apresiasi tinggi dari masyarakat, khususnya wilayah hukum Polres setempat.

Apresiasi itu diungkapkan oleh beberapa masyarakat yang merasa puas dan diperlakukan sangat elok dalam mendapatkan pelayanan di Polres itu.

Berdasarkan pantauan indonesia1.news, respons dan apresiasi pertama diunggah oleh pemilik akun Rozi Mandaliko di salah satu akun media sosialnya, usai memperoleh pelayanan di polres Solok Kota dan mengaku merasa sangat puas atas suguhan pelayanan yang prima di instansi tersebut.

Dalam tulisan apresiasi yang dimuat di laman Facebooknya pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 pukul 09.00, Rozi Mandaliko menyatakan, “Awalnya tak berniat foto bersama dengan aparat berseragam ini. Tapi ada kesan yang tidak kami temukan di kantor polisi lain. Kami dilayani bak tamu hotel berbintang. Kami begitu tersanjung. Kalaulah semua kantor polisi seperti ini, alangkah juaranya polisi Indonesia. Terima kasih polres Solok kota, kami mendapat kesan lain tentang polisi”.

Pada pagi hari ini, Sabtu, 27 Oktober 2018 sekira pukul 09.00 WIB, kembali salah satu akun di media social, atas nama Muhammad Syarif yang mengunggah, yang menceritakan kepuasan dan kesannya atas pelayanan tamu yang ada di Polres Solok Kota.

Dalam ungkapan yang dimuat di laman Facebooknya, ia menceritakan pengalamannya datang ke Polres Solok Kota untuk menjemput kendaran bermotor keluarganya yang ditilang karena kesalahan, kelalaian si pengendara, dimana tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

Awalnya ia mengaku kaget atas pelayanan prima yang disuguhkan personil Polres Solok Kota, dimana masyarakat / tamu wajib lapor mengisi buku tamu, yang kemudian menanyakan keperluan masyarakat pengunjung. Setelah itu, diceritakannya, bahwa dengan didampingi dan diantarkan personil polres ia menuju ruangan tempat pelayanan sesuai keperluannya.

Dalam tulisannya itu, diungkapkannya bahwa ia merasa sangat terbantu dan puas terhadap pelayanan Polres Solok Kota itu, apalagi dengan adanya salam, senyum, sapa ( 3S ) dari petugas pelayanan yang membuatnya sangat nyaman, dan luar biasa berkesan.

“Kata siapa pak polisi itu menakutkan, sangar, dan tidak bersahabat??? Ini buktinya dengan segala fasilitas yang bagus, baik dan pelayanan prima Senyum,Salam,Sapa (S3) dari Polres Solok Kota. Membuat Tamu seakan menjadi Raja berada di Lingkungan Polres Solok Kota, dengan segala keramahan, kebaikan dalam melayani masyarakat sepenuh hati membuat saya sangat puas”, ungkapannya ditulisan selanjutnya di laman FB-nya itu.

Selanjutnya, pada hari ini sekira pukul 12.40 WIB, kembali sebuah akun atas nama Mutia Wulan Sari mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas pelayanan Polres Solok Kota yang diterimanya saat melakukan pengurusan surat izin mengemudi (SIM), di Sat Lantas Polres Solok Kota, Mapolres Solok Kota, melalui akun facebooknya.

Dalam postingannya itu, ia menceritakan tentang keramahan personil Polres Solok Kota dalam memberikan pelayanan. Bahkan ia yang mengaku selama ini takut dengan polisi, menjadi sangat terkesan atas perlakuan pelayanan yang diterimanya di kantor Kepolisian itu.

“Pembuatan SIM di Polres Solok Kota. Sesampainya di Polres tepatnya di depan pintu penjagaan saya dilayani dengan baik dan ditanyakan tentang keperluan yang akan saya lakukan ke Polres. Saya merasa benar – benar puas dengan pelayanan yang profesional bahkan sangat baik dari personil Polres Solok Kota. Suasana yang tidak begitu tegang, padahal saya takut banget sama polisi, karena pelayanan mereka sangat baik saya merasa benar – benar puas sekali atas pelayanan Polres Solok Kota, baik Bhayangkaranya maupun Polwannya. Berkenalan dengan mereka pun dilayani dengan baik. Terimakasih banyak Kapolres Solok Kota, telah membuat anggotanya melayani masyarakat dengan baik khususnya masyarakat Kota Solok”, tulisnya dalam postingan yang diunggahnya Sabtu siang ini, di halaman facebooknya.

Selain itu, akun atas nama Mieke Demitrio Suwardi juga mengungkapkan terima kasihnya kepada Polres Solok Kota atas pengalamannya saat pengurusan SKCK di Polres Setempat. Dalam postingan itu, ia yang mengaku terpaksa membawa anaknya karena tidak ada yang menemani anaknya jika ditinggal.

Awalnya ia khawatir jika anaknya akan mengganggu daam proses pengurusan SKCK nya itu. Namun, dengan adanya ruangan fasilitas ruangan bermain anak, ruangan ibu menyusui (Laktasi) serta ruangan pelayanan SKCK dan Sidik Jari satu atap Polres Solok Kota, ia merasa sangat terbantu, sehingga bisa menyelesaikan urusannya tengan tenang tanpa gangguan anak.

Hingga tulisan ini diturunkan, postingan – postingan itu telah dikomentari dan dibagikan oleh puluhan akun. Dalam komentarnya, bertubi – tubi masyarakat memberikan apresiasi dan memuji pelayanan di Polres tersebut.

“Kita patut memberikan apresiasi kepada Bapak AKBP Dony Setiawan yang telah banyak membawa perubahan untuk Polres Solok Kota. Salah satu buktinya yaitu pelayanannya seperti di hotel bintang lima. Semoga ke depannya akan menjadi lebih baik lagi dan selalu membuat inovasi – inovasi terbaru untuk melayani masyarakat Kota Solok”, komentar sebuah akun atas nama Ilham Putra.

Selanjutnya, masih dalam menanggapi salah satu postingan apresiasi terhadap Polres Solok Kota itu, akun atas nama Dadan Hashari juga mengomentari dan menceritakan pengalamannya saat mengurus SIM di Polres tersebut. Dalam komentarnya yang cukup panjang itu, ia menceritakan keramahan dan kemudahan yang diberikan Polres Solok Kota dalam proses pelayanan.

“Alhamdulillah SIM saya keluar, tak butuh proses lama, dan kita tak dibikin ribet dalam prosesnya, yang paling penting tak ada pungli di sana, layanan sangat memuaskan.
Harapan semoga polres kota semakin sukses ke depannya”, tulisnya dalam salah satu komentarnya.

Bahkan salah seorang tokoh masyarakat Solok Rusdi Saleh ikut mengomentari.

“Di tengah pusaran kegelapan, kejahatan kerap menghantui masyarakat dalam situasi seperti ini dijawab oleh seluruh anggota Polres Solok Kota yang dikomandoi Bapak Doni Setiawan,seluruh anggota polres solok kota berkomitmen dan menjalankan sepenuh hati,?membasmi kejahatan dan serius memberantas narkoba tampa pandang bulu,itu sudah di buktikan oleh s3luruh anggota polres solok kota,,,sukses pak kapolres di tangan bapak anggota polres solok kota banyak kemajuan di bidang pelayanan dan kami merasa nyaman di saat datang ke polres dalam mengurus apapun yang berhubungam dengan kepolisian,,,sukses bapak kapolres besrta anggota semoga perjuangan bapak di rahmati oleh Allah SWT,,,Amiiiin”, tulisnya.

Menanggapi hal itu, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan menilai masyarakat berinisiatif sendiri memberikan komentarnya terhadap pelayanan Kepolisian Resort Solok Kota, bahkan minta berfoto dengan personil, sebagai apresiasi atas kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan.

“Menurut saya ini merupakan respon spontan dari masyarakat karena merasa puas dan bangga terhadap apa yang dialaminya dalam memperoleh pelayanan. Ini wujud terima kasih masyarakat yang kami idam-idamkan, yang secara tidak langsung mendukung dan menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan pelayanan yang profesional, bersih dan prima terhadap masyarakat”, ungkapnya.

Atas apresiasi dan pengakuan tulus dari masyarakat tersebut, Alumni Akpol tahun 2000 itu, mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang telah bekerja professional dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

AKBP Dony menyatakan, kepuasan masyarakat akan selalu menjadi prioritas utama Polres Solok Kota dalam pelayanan. Tentu apresiasi ini akan menjadi dorongan semangat terhadap personil dalam memberikan pengabdian terbaiknya.

“Kita ingin memberikan kesan baik bagi masyarakat terhadap polisi. Semoga dengan ini, polisi bisa lebih dekat dan dicintai oleh masyarakat, hingga image – image dan penilaian negatif yang ada di tengah – tengah masyarakat terhadap polisi, perlahan bisa luntur”, harap Kapolres.

Dalam salah satu postingan ungkapan apresiasi masyarakat, akun resmi Polres Solok Kota pun ikut mengomentari.

“Alhamdulillah, terima kasih banyak pak, postingan bapak menjadi motivasi bagi personil kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan publik yang merupakan proses yang panjang dan berkelanjutan. Mohon koreksi bila ke depan nanti ada kekurangan dalam pelayanan kami.
akses pengaduan kami : 082285025050, call center .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *