Sumatera Barat

Inovasi Untuk Pacu Perekonomian di Nagari

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com,–
Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM., bahwa inovasi di desa akan mampu menggerakkan perekonomian. Karena itu, sehubungan dengan bergulirnya dana desa maka diharapkan desa atau nagari melakukan inovasi untuk meningkatkan perekonomian.

Harapan itu disampaikan Syafrizal Ucok dalam sambutannya pada Bursa Inovasi Desa (BID) di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya Pulau Punjung, Jumat 2 November 2018.

Selanjutnya mantan Syafrizal Ucok yang juga mantan Penjabat Bupati Dharmasraya ini mengatakan bahwa inovasi desa/nagari ada tiga bidang yaitu infrastruktur, perekonomian dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan membangun infrastruktur dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM ditambah pula dengan pembangunan yang bervariasi tentu akan berpengaruh pula terhadap perekonomian masyarakat itu sendiri. Perekonomian yang baik pasti pula akan meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat desa atau nagari.

Bursa Inovasi Desa ini dibuka oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang mengharapkan Wali Nagari untuk lebih giat lagi bekerja. Apalagi tahun 2019 Wali Nagari mendapat dana operasional 5 persen dari dana desa.

Kepada Alek Indra Lukman anggota Komisi V DPR RI yang hadir dalam acara ini diharapkan untuk membantu mengarahkan kegiatan pembangunan ke Kabupaten Dharmasraya.

Sebelumnya ketua Panitia Abdi Amri yang juga Kepala DPMN Kabupaten Dharmasraya menyampaikan bahwa Bursa Inovasi Desa di Dharma ini dihadiri oleh seluruh OPD Dharmasraya, seluruh Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua TP PKK Nagari, Ketua LPM Nagari, Camat se Dharmasraya dan lain-lain, yang berjumlah lebih kurang 250 orang. Kegiatan ini dibiayai oleh APBN melalui DIPA Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2018. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *