Sumatera Barat

Kepala Dinas PMD Sumbar Drs H Syafrizal MM ; Bammus Nagari Lembaga Yang Strategis

Padang, Pilar bangsa news. Com,– Keberhasilan program pembangunan di suatu nagari bukan hanya tergantung pada wali nagari saja, tapi juga sengat tergantung dari peran
Bammus Nagari itu. Sebagai perencana dan pengawal dari program pembangunan peran bammus ini sangat strategis.

Demikian diisampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kelembagaan Pemerintahan Nagari (BAMMUS) di Hotel Pangerans Padang Rabu 7 November 2018.

Lebih lanjut beliau mengatakan “BAMMUS mempunyai beban yang sangat berat dalam pemerintahan dan pembangunan Nagari, karena BAMMUS ikut menyetujui Anggaran Belanja Nagari. Apabila BAMMUS tidak menyetujui sudah dapat dipastikan pembiayaan pemerintahan dan pembangunan di Nagari tentu akan bermasalah dan bahkan tidak dapat berjalan kegiatannya. BAMMUS merupakan lembaga yang berfungsi sebagai perencanaan pembangunan di Nagari, disamping itu juga penyalur aspirasi warga Nagari, kepada Wali Nagari, sehingga aspirasi masyarakat itu dapat menjadi pedoman dalam pembangunan di Nagari”.

Mantan Penjabat Bupati Mentawai ini juga mengatakan bahwa pembangunan Nagari merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional, bahkan Presiden Jokowidodo mengatakan “membangun Indonesia dari pinggiran atau Desa”, maka BAMMUS juga merupakan sebagai pendamping Nagari dalam setiap perencanaan pembangunan di Nagari”.

Mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini juga berharap kepada BAMMUS, agar lebih meningkatkan kwalitas pembangunan di Nagari, apalagi Dana Desa semakin meningkat setiap tahun.

Meningkatkan kwalitas pembangunan melalui perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik dan pengawasan yang baik, sehingga pembangunan Nagari lebih terarah dan tepat sasaran yang berujung kepada kesejahteraan masyarakat di Nagari, demikian beliau menutup sambutannya.

Sebelumnya ketua panitia Azwar. SE. MSi yang juga Kabid Pemerintahan Desa/Nagari DPMD Sumbar menyampaikan peserta Rakor adalah anggota BAMMUS terpilih di Sumatera Barat yang berjumlah 150 orang yang dibiayai dengan APBD Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2018, dengan Narasumber Saidal Masfiuddin. SH dari DPRD Sumbar, KPW Wilayah II Sumbar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat, semoga peserta dapat menambah wawasan tentang tugas pokok dan fungsinya sebagai mitra pemerintah Nagari dalam pembangunan di Nagari, demikian Azwar menutup laporannya. Demikian dilaporkan. ( By. Akral)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *