.

Anyang Jambu Itu Apa?

Anyang Jambu termasuk salah satu jenis kuliner Zaman Old warga nagari IV Koto Hilie Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar.

Sebenarnya Anyang Jambu ini belum boleh disebut kuliner karena makanan ini tidak melalui proses pematangan hanya diolah sedikit. Sementara yang disebut Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk pauk, makanan (penganan), dan minuman.

Cara membuat Anyang Jambu , sediakan cabai merah secukupnya.. tergantung lidah anda swbarapa anda mampu menahan rasa pedas. Semakin banyak takaran cabaynya semakin pedas Anyang itu.

Kemudian garam secukupnya, kecep kalau ada.

Cabey dan garam digiling batu lado. Sekarang bisa dipakai blender untuk menghaluskan cabaynya..

Jangan terlalu halus giling cabaynya, sebab kalau terlalu halus, takutnya nanti tidak meninggalkan bekas jika anda makan Anyang Jambu.

Diharapkan kulit cabe itu melekat pada gigi sebagai tanda Anda baru makan cabey Anyang Jambu.

Setelah semuanya siap digiling masukkan kedalam piring… Maka sambal (Anyang) siap dinikmati..

Jika habis memakan Anyang Jambu tidak keluar keringat itu berarti anda belum sempurna menikmati kuliner yang satu ini…

Jadi Anyang Jambu itu sama dengan rujak… Tapi bedanya terletak pada cara menikmati kuliner ini…

Cara makan Anyang Jambu ini, tidak pake sendok, cukup dengan tangan saja. Buah jambu dibelah kemudian dianyangkan ( dicelupkan ) kedalam piring yang berusia sambal yang bisa anda lihat didalam foto diatas….

Ketua PKK Pesisir Selatan Uni Lisda Hendrajoni yang kini jadi caleg DPR-RI Partai Nasdem no urut. 3, kata beliau, ” uni akan mencoba membuat Anyang Jambu ini. Dan menyanyikan kepada tamu undangan yang dari luar bila datang ke Pesisir Selatan, pasti uenak,” katanya

Selamat mencoba Anyang Jambu rang Batang Kapeh Pesisir Selatan Sumbar. ( miza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *