Bukittinggi

Jalan Padang Bukittinggi Lumpuh Total

BUKITTINGGI, PILARBANGSANEWS.COM,— Jembatan Paniaram yang terdapat di jalur jalan Padang Bukittinggi, pada KM 54 amruk akibat digerus air bah sungai saat hujan lebat yang mengguyur kawasan Sumatera Barat, sejak sore sampai Senin malam (10/12).

Ambruknya jembatan Paniaram ini mengakibat arus lalulintas Padang Bukittinggi putus total dan tak dapat dilewati kendaraan. Kini jika hendak ke Bukittinggi dari Padang atau sebaliknya harus melewati jalur alternatif Malalak.

Jembatan itu disebut jembatan Paniaram, karena disana banyak terdapat penjual makanan Paniaram, salah satu jenis kue tradisional di Sumatera Barat.

Tidak hanya jembatan Paniaram yang membikin jalur Padang Bukittinggi putus total, sejak Senin malam, sekira pukul 19.00wib terjadi longsor di Bukit Tambun Tulang Malibou Anai Nagari Guguak Kecamatan 2×11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Tanah Longsor ini juga menambah jalur jalan Padang Bukittinggi semakin tak dapat dilewati.

Jembatan kecil yang berada dekat air mancur Lembah Anai, seperti yang banyak diunggah videonya oleh para notizen semalam (Senin malam 10/12) juga tidak dapat dilewati kenderaan. Air terjun yang menjadi salah satu destinasi wisata itu debitnya membesar sehingga merendam jembatan dekat air mancur itu dan beberapa jam tak dapat dilewati kendaraan roda 2 maupun roda empat.

Ratusan kendaraan sejak malam tadi terjebak diantara kedua titik tersebut. Bagi kendaraan yang dapat mengalihkan perjalanan terpaksa balik kanan untuk melanjutkan perjalanan memilih jalan alternatif.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Andre Kurniawan SIK MH kepada Pilarbangsanews.com, menyebutkan tidak ada korban jiwa saat terjadi jembatan itu ambruk.

“Alhamdulillah.., tidak ada korban jiwa pak Sutan,” kata AKBP Haji Andre lewat pesan whatsapp kepada Redaktur Pelaksana media ini yang dipanggil dengan pak Sutan oleh Kapolres.

(Miza SYH/yy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *