Sumatera Selatan

Gubernur Sumatera Selatan Puji Inovasi Bupati Musi Rawas

Palembang, Pilarbangsanews.com,-Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru (HD) memuji inovasi yang telah dilakukan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan selama tiga tahun memimpin Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menerima audensi Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan yang didampingi Ketua TP PKK Musi Rawas Hj Noviar Marlina Gunawan beserta jajaran bertempat di kantor Gubernur Sumsel, Kamis (13/12/2018).

“Inovasi-inovasi yang telah dilakukan selama ini harus dipertahankan dan terus dikembangkangkan, baik itu inovasi di sektor wisata, pendidikan, pertanian, perkebunan dan sektor lainnya, terpenting semua inovasi itu harus dikerjakan dan berorientasi pada kepentingan rakyat,” ujar HD.

Dengan didampingi Ketua TP PKK Sumsel HJ Febrita Lustia, HD menambahkan untuk mengembangkan potensi wisata dan sektor lainnya di Sumsel tidaklah harus menggunakan dana yang besar, artinya bagaimana masyarakat sekitar diajak untuk bisa terlibat secara langsung dalam memanfaatkan tempat wisata tersebut sebagai sumber pendapatan bagi warga.

“Untuk mengembangkan sektor wisata ini sudah ada dibenak saya, baik itu wisata alam, agrowisata maupun destinasi keindahan alam lainnya,” ungkap HD.

Kabupaten Musi Rawas, lanjut HD, selain memiliki kekayaan alam yang dapat dikembangkan juga memiliki potensi pendapatan dari sektor pertanian dan perkebunan khususnya karet dan sawit.

Hanya saja persoalanya, kata HD, harga karet di tingkat bawah masih belum berpihak pada petani. Karena itu Pemerintah Provinsi Sumsel merespon persoalan ini dengan cara akan membangun pabrik dekat dengan perkebunan rakyat.

“Saya sudah merespon persoalan ini, dalam waktu dekat industri hilirnya akan kita bangun, terutama terkait produksi karet rakyat akan segera kita bangun pabrik ban, bahkan investornya saat ini sudah ada,”katanya.

Dia berharap nantinya pangsa pasar dari ban yang telah diproduksi digunakan kendaraan roda dua atau roda empat terutama kendaraan dinas, sebagai bentuk tanggung jawab moril pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu, HD juga mengucapkan terima kasih pada Bupati Musi Rawas dan jajaran yang telah konsen dalam peningkatan mutu pendidikan melalui pembangunan sarana belajar dan pemenuhan tenaga guru pendidik disemua tingkatan sekolah.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan mengungkapkan, Musi Rawas merupakan salah satu daerah yang sejak 2003 lalu berstatus tertinggal, namun Pemerintah Kabupaten Mura bersama seluruh lapisan masyarakat dengan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong terus berupaya untu melepaskan statatus tersebut dengan program-program unggulan dan inovasi-inovasipun di luncurkan.

“Setelah tiga tahun kepemimpinannya, banyak hal yang telah berubah dan kekurangan tertutupi secara bertahap, baik di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, religius dan lainnya,” ujarnya di hadapan Gubernur Sumsel.

Masih menurut Hendra Gunawan Kabupaten Musi Rawas 75 persen masyarakat di daerahnya mengeluti profesi sebagai petani baik pertanian tanaman pangan maupun perkebunan meliputi, karet, sawit, kopi ,coklat, tebu, serai dan aren.

Untuk sektor pariwisata Hendra Gunawan menegaskan, saat ini Musi Rawas telah menjadikan Dusun Sri Pengantin desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Rawas, sebagai tujuan wisata alam yang layak dijual ke pada turis, baik turis lokal maupun manca negara.’’Kita akan terus melakukan inovasi dan program yang bermanfaat buat rakyat Musi Rawas,’’ katanya.(Sahlin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *