Jawa Timur

Jalan Raya Gubeng Surabaya Amblas

Surabaya, Pilarbangsanews.com, — Jalan raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur amblas dengan kedalaman berkisar 10 sampai 20 Meter dengan lebar sekitar 20 M panjang sedikitnya 50 M, Selasa malam (18/12) sekitar pukul 21:45 WIB.

Jalan raya yang amblas itu merupakan jalan raya nasional aksesibilitas menghubungkan kota Surabaya dengan Surabaya Timur dan Surabaya Barat.

Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana kepada TV one mengatakan, amblasnya jalan raya diduga akibat stektur tanah yang labil ditambah adanya proyek pembangunan Basement Rumah Sakit Siloam.

Menurut Wisnu memang belum dapat dipastikan apa penyebab amblas jalang Gubeng, namun sebelumnya proyek Basement Rumah Sakit Siloam pernah kita peringatkan untuk menghentikan proyeknya. Karena diketahui ada indikasi lahan disekitar proyek dengan kondisi labil. Seperti adanya lumpur yang dikelurkan ketika proyek itu dikerjakan.

Belum dapat dipastikan apakah dalam musibah amblasnya jalan Gubeng ini terdapat korban jiwa.

Seorang saksi mata Rudi menceritakan, sebelum jalan itu amblas, diawali dengan gempa lokal, batang kayu, tiang kabel listrik bergoyang goyang, warga yang berada disekitar lokasi belarian, suasana saat itu kelihatan panik .

Berapa saat setelah bergoyang goyang palang nama dan tiang listrik ikut roboh bersama amblasnya tanah sedalam sekitar antara 10 sampai 20 meter. Listrik PLN padam saat jalan Gubeng itu amblas.

Regu penyelamat dari Basarnas sampai pukul 1:44 dini hari Rabu (19/12) WIB masih belum dapat malukan evakuasi dengan menuruni jalan yang amlas.

Kasi operasi BPBD Jawa Timur, Ali Amrat mengatakan pihaknya belum dapat melakukan penyisiran kebawah. “Kondisi lahan masih labil, keselamatan regu penyelamat akan menjadi pertimbangan untuk melakukan penyisiran,” katanya.

Untuk sementara warga dilarang mendekat ke lokasi karena dikawatirkan akan membahayakan keselamatan. (Azl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *