Banten

Khawatir Terjadi Longsor Kades Ungsikan Warganya

Banten – Pilarbangsanews.Com,–
Sembilan belas Kepala Keluarga yang berdomisili di Kampung Sukalaksana Desa Gunung Wangun Kecamatan Cibeber Lebak – Banten terdapat sejumlah warga sekitar 71 jiwa terdiri dari 37 orang pria dan 34 orang wanita termasuk balita,
terpaksa diungsikan ke ketempat yang lebih aman . Pasalnya Rumah penduduk yang berada dibawah tebing tersebut sudah terlihat gejala akan terjadi longsor.Bahkan Akses jalan menuju desa tetangga, sebuah jembatan di Kampung bojong sudah tertimbun longsor.

Ukan Kepada Desa segera memutuskan untuk segera mengevakuasi warga yang didasari traumatik atas musibah longsor yang terjadi sebelumnya di Cicadas Kecamatan Cisolok Sukabumi, yang memporak porandakan satu kampung dengan korban jiwa sebanyak 33 orang dan 1 orang tidak ditemukan.

” Lokasi musibah yang lalu itu adalah desa tetangga yang dibatasi sungai Cisono, jadi kami berada diperbatasan Jabar – Banten.Selaku kepala Desa saya harus mengambil tindakan mengevakuasi warga sebelum terjadi musibah.
Dan hal ini kami laporkan langsung ke BPBD Lebak. Kampung yang dianggap rawan lainnya seperti Kampung Gunung Bongkok dihuni oleh 23 Kepala keluarga atau sebanyak 74 jiwa,terdiri 48 orang pria dan 36 wanita termasuk balita.” Kata Ukan

Ditempat yang sama Kaprawi, Kepala BPBD Lebak saat diwawancarai Pilarbangsa Sabtu 19 – 01 – 2019, menyebutkan” Menanggapi laporan kepala Desa, kami segera menurunkan team sebanyak 12 anggota.disertai penyiapan peralatan Pra dan Pasca musibah.
Kami berada disini sudah 2 hari sambil terus melihat dan memantau titik titik berbahaya terjadi longsor.Apresiasi atas tindakan Kades yg sudah memindahkan warga sementara di tempat aman.

Tentu hal ini segera saya laporkan kepada Hj. Iti Oktavia Jayabaya selaku Bupati Lebak.”

Musibah memang belum terjadi dan mudah mudahan jangan sampai terjadi,tapi tindakan preventif Kades patut diacungi jempol.Bahkan tempat relokasi untuk warga, dapur umum pun sudah disiapkan bila diperlukan di titik teraman Desa Gunung Wangun.

Anggota TNI/ POLRI Dari Koramil Bayah dan Polsek Cibeber
bergantian dan terus memantau perkembangan situasi berarti ini merupakan hal yang dianggap prioritas.Yang Patut segera ditanggapi dan ditangani oleh pejabat maupun Dinas
Terkait agar tidak ada korban jiwa.
(Dicky Abiasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *