Bukittinggi

Tak Satupun Warga Binaan Lari Saat Kebakaran Di LP Biaro Bukittinggi

BUKITTINGGI, PILARBANGSANEWS.COM,— Kendatipun 4 kamar Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II A Bukittinggi ludes terbakar, hari ini Senin (21/1) namun tak satupun napi yang melarikan diri.

Saat terjadi kebakaran, pukul 13:15 WIB, para napi berhasil diselamatkan dan diamankan, sehingga tak seorang pun diantara warga binaan di LP ini yang terkena dampak kebakaran di LP tersebut.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH, begitu mendapat laporan dari Polsek Baso bahwa terjadi kebakaran, didampingi Kasat Reskrim AKP Andi Mohamad Akbar Mekuo,SH SIK segera meluncur ke lokasi yang jaraknya lebih kurang sekitar 15 dari kota Bukittinggi.

Sesampai di TKP Kapolres langsung memimpin upaya pemadaman. 4 unit mobil pemadam kebakaran datang dari Bukittinggi dan Padangpanjang untuk menjinakkan api.

Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 15:15 WIB setelah sempat menghanguskan 4 kamar warga binaan di LP tersebut.

Belum dapat dipastikan penyebab kebakaran itu terjadi, namun diperkirakan akibat terjadinya arus pendek di kamar blok Tamping bersebelahan dengan Blok Blok D kamar 1s/d 4.

Baca juga;

Terjadi Kebakaran Di LP Kelas II A Biaro Bukittinggi

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH, kepada pilarbangsanews.com menyebutkan peristiwa kebakaran itu pertama kali diketahui oleh saksi Ariel seorang tahanan narkoba dan Yudi Verdinal penghuni di kamar 5

Kedua warga binaan ini melihat kepulan asap berasal dari kamar 4 dan memberitahukan kepada petugas Lapas Andika Saputra.

Mendapat informasi itu Andhika Saputra bergegas memberitahukan kepada OKRI Kasi Pembinaan Dik Lapas Biaro. Selanjutnya dilaporkan ke Polsek IV Angkat Candung via Telpon.

Api diduga berasal dari kamar 4 dengan cepat merembet kekamar sebelahnya. Ada 3 kamar lainnya yang ikut terbakar.

Untuk sementara ditaksir Jerugian materil diperkirakan sebesar lebih kurang Rp. 200.000.000.

“Alhamdulillah selama proses pemadaman berlangsung, warga binaan tidak ada yang melarikan diri, ” kata Kapolres mengakhiri. (YY/rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *