Pekanbaru

Koramil 05/Sail Peduli Kebersihan Lingkungan

Pekanbaru, Pilarbangsanews.com, – Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru pada Kamis (07/01/19) Pagi melaksanakan Program Sejuta Jamban di wilayah Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya.

Kegiatan sosial dalam membantu masyarakat kurang mampu khususnya yang tidak memiliki Jamban di rumahnya, merupakan salah satu program Karya Bhakti dari Institusi TNI dengan maksud dan tujuannya yaitu menciptakan lingkungan bersih dan mewujudkan pemukiman yang sehat.

Hal ini diutarakan langsung oleh Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso ketika usai memberikan bantuan pembangunan jamban kepada Warga atas nama Sugeng yang beralamatkan Jalan Seroja RT.02 RW.02 Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya dan disaksikan langsung oleh Lurah Sialang Rampai Mukhtarudin, Ketua RW dan RT, Dan Posmil Tenayan Raya Pelda Feri Siburian, Babinsa dan Babinkamtibmas.

“kegiatan gerakan sejuta jamban ini merupakan tindak lanjut program dari Jenderal TNI beberapa tahun yang lalu hingga saat ini terus berjalan.
Dalam pelaksanaannya, peran serta babinsa sangat menentukan terhadap warga yang akan kita bantu yaitu dengan pengecekan langsung dari rumah ke rumah sesuai petunjuk arahan dari pemerintah setempat dan juga babinkamtibmas di wilayah tersebut. Maka dengan demikian didapatilah warga yang layak kita bantu.” ujar Kapt Sugeng.

Danramil pun mengatakan, sumbangsih berupa bantuan jamban tersebut diharapkan dapat dirasakan oleh semua warga yang kurang mampu di wilayah teritorialnya yang terdiri dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Tenayan Raya, Sail, Bukit Raya, dan Marpoyan Damai.

“kita akan mengupayakan program ini dapat terus berlanjut, sehingga dapat bermanfaat bagi kita semua. Maka melalui kegiatan ini, tentunya dapat terjalin silaturahmi dan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara kita.” ujar Danramil.

Selain itu, Danramil atas nama pimpinan TNI juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah membantu menjalankan program-program kemanusiaan sehingga terbangunnya kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat secara keseluruhan.

“terimakasih sekali kami ucapkan kepada Pak Lurah beserta bawahannya dan juga para personel babinkamtibmas yang telah membantu peran babinsa dalam menjalankan kegiatan ini. Selanjutnya, kami pun masih menerima laporan dan masukan dari bapak-bapak (jajaran pemerintah dan institusi Polri, red) yang bertugas di wilayah ini, apabila masih ada warga yang membutuhkan jamban ataupun bantuan lainnya, maka kami akan berupaya untuk siap membantu dan memenuhi kebutuhan dari warga tersebut.” tutup Danramil 05/Sail Kapt Arh Sugeng Santoso.

Sementara itu, Lurah Sialang Rampai Mukhtarudin sangat menyambut baik program sejuta jamban yang ditaja oleh Koramil 05/Sail Kodim 0301/Pekanbaru, sehingga menurutnya dengan adanya program kegiatan ini tentunya masyarakat tidak ada lagi buang hajat sembarangan yang mana akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

“kebersihan lingkungan merupakan tujuan kita dalam membangun daerah ini, jadi saya sangat bersyukur sekali melalui program ini masyarakat tentunya dapat hidup lebih sehat.” ujar Lurah Sialang Rampai.

Sebelumnya pihak pemerintahan dari Kelurahan bersama warga setempat telah ikut serta melihat secara langsung proses pembuatan jamban tersebut dilakukan oleh pihak Koramil 05/Sail yang bekerja selama kurang lebih lima hari.

“Pembuatan jamban secara gratis oleh Koramil 05/Sail tersebut merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini. Maka dengan demikian kedepannya, kami dari pemerintah akan selalu siap mendukung dan membantu program-program lainnya yang menjadi harapan masyarakat disini.” tutup Lurah Sialang Rampai.

Ditempat terpisah, Sugeng sebagai warga penerima bantuan jamban merasa terharu karena selama ini Pria yang bekerja sebagai petani selalu kesulitan apabila melakukan aktifitas Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) bersama keluarganya.

“syukur alhamdulillah, terimakasih banyak kepada Pak Danramil dan jajarannya yang telah memperhatikan kami sekeluarga. Selain Jamban, di tempat tinggal kami juga dibangunkan bak mandi, lantainya pun di semen dan dibuatkan juga lubang septic tank.” ujar Sugeng seraya mengatakan dihadapan Lurah Sialang Rampai, Danramil 05/Sail beserta rombongannya bahwasanya diwilayahnya masih rakyat kecil yang belum memiliki jamban dan membutuhkan bantuan lainnya.***(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *