.

Korem 031/WB Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Bersama Polri

Pekanbaru – Kodam I/BB melaksanakan latihan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden di wilayah Korem 031/Wirabima dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.
Hal ini dilihat dari rangkaian Upacara Simulasi Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 di Lapangan Makorem 031/Wirabima pada Jum’at (08/02/19) Pagi yang dihadiri oleh Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Muhammad Fadjar MPICT, Wakapolda Riau Brigjen Pol Wahyu Widada M.Phil, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Moningka, Danlanal Dumai, Kajati Riau, Wakil Ketua DPRD Riau, Ketua KPU Riau, Para Dandim se wilayah Korem 031/WB, babinsa dan babinkamtibmas, serta tamu undangan lainnya.

Danrem 031/WB Brigjen TNI Muhammad Fadjar selaku instruktur upacara mengatakan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan pengamanan Pemilu 2019 yang telah mengikuti beberapa tahapan-tahapan yang dilakukan oleh personel TNI – Polri.

“Kegiatan latihan ini dimulai pada hari Rabu yang lalu, ada beberapa materi latihan yang telah terlaksana diantaranya ceramah teritorial, komando kendali komunikasi dan informasi (K3I), forum diskusi grup, tactical floor game, hingga demonstrasi simulasi drill tempur yang sama-sama telah kita saksikan tadi.” ujar Danrem.

Menurut Danrem, Pemilu 2019 saat ini memiliki kompleksitas kerawanan yang tinggi dan karakteristik yang khas, mengingat untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.
“Melalui persiapan-persiapan ini, maka pengamanan pesta demokrasi berharap dapat berjalan lancar sesuai tahapan-tahapan pemilu yang sudah diatur dalam undang-undang sehingga dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas, demokratis serta mendapatkan kepercayaan atau legitimasi dari seluruh masyarakat.” tambah Danrem.
Dihadapan peserta upacara maupun para tamu undangan, Danrem pun menyatakan kesiapannya untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi kepada seluruh unsur pemerintah, Polri maupun Pemangku masyarakat yang turut mendukung dalam menyukseskan Pemilu 2019.

“Hubungan dekat yang kita bina selama ini akan meminimalisir segala resiko ancaman yang akan terjadi selama pesta demokrasi berlangsung. Karena suatu keberhasilan pelaksanaan pemilu bukan menjadi tanggung jawab satu pihak saja melainkan kerjasama kita semua kepada stakeholder mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah.” tambah Danrem sembari mengatakan latihan gabungan ini hendaknya dapat dilaksanakan juga oleh masing-masing satuan di Kabupaten/Kota di Propinsi Riau.

Diakhir amanat Danrem menekankan kepada semua pihak yang ikut dalam pengamanan Pemilu 2019 untuk dapat memperhatikan tugas – tugas pokok demi menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Jaga netralitas TNI – Polri serta hindari tindakan yang dapat mencederai demokrasi dalam penyelengaraan setiap tahapan Pemilu, Perkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri serta Pemerintah daerah guna mewujudkan Pemilu 2019 yang tertib, Aman, Lancar, dan Damai, dan yang terakhir laksanakan tugas pengamanan Pemilu 2019 dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas pokok kita masing-masing demi keberlangsungan masa depan bangsa dan negara.” tutup Danrem 031/Wirabima.
Kegiatan diakhiri dengan pertunjukan aksi unjuk rasa sebagai proses simulasi tahapan dalam pengamanan Pemilu 2019 serta foto bersama dengan semua unsur jajaran Forkompimda dan seluruh peserta Upacara.***(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *