Sumatera Selatan

IPAL Dan Sumur Bor Puskesmas Jayaloka Diragukan

Musirawas, Pilarbangsanews.com,-Pengerjaan proyek instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan Sumur Bor atau penyediaan air bersih di lingkungan Puskesmas Jayaloka, tepatnya Kelurahan Marga Tunggal, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan dengan nilai pagu anggaran Rp.400 juta, Diduga dalam pengerjaan tak sesuai spesifikasi. Selasa (5/03/2019).

Berhasil dihimpun, terlihat jelas bangunan IPAL tersebut tak berpintu serta mulai mengalami kerusakan, sedangkan pengerjaan Sumur Bor, Menurut informasi terpercaya, Cipto menguraikan, saat kegiatan berlangsung yang dikerjakan oleh pihak ketiga kedalaman sumur bor tersebut tidak maxsimal sehingga penyelesaianya tidak mengahsilkan air yang bersih.

Lanjutnya, Mengenai air bersih pihak Puskesmas tersebut hanya mengandalkan belas kasihan dari pihak lain, bahkan hal tersebut sudah kami sampaikan selain pihak pelaksana ataupun pihak instansi terkait agar IPAL dan sumur bor tersebut cepat diperbaiki, namun hingga sekarang belum ada tindakan dari pihak tersebut.

“Puskesmas ini tidak ada sumber air, yang ada hanya bantuan dari perusahaan CSR, sudah kami sampaikan baik pada rekanan maupun ke Dinas Kesehatan, “. Keluhnya.

Dijelaskanya terkait fungsi dan kegunaan IPAL tersebut sangatlah penting selain pengelolaan air limbah Rumah Sakit (RS) atau Puskesmas hal tersebut berpotensi pencemaran sangat tinggi sebab, mengandung senyawa organik yang cukup tinggi serta senyawa kimia mikro organisme patogen.

“Harusnya dibangun secara serius tanpa melanggar UU, dan nantinya harus dikelolah dengan baik agar tidak bermasalah terhadap lingkungan sesuai amanat Permenkes,” harapnya.

Sementara itu, hingga berita ditayangkan belum ada pihak Instansi terkait yang diwawancarai maupun dihubungi. (Sahlin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *