.

10 Kotak Suara Hasil Pemilu di Tarusan Pesisir Selatan Hangus Terbakar

PAINAN, PILARBANGSANEWS.COM– Sedikitnya 10 kotak surat suara di Gudang Rekapitulasi Kantor Camat Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbakar, Senin 22 April 2019 dini hari tadi.

Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 01.00 WIB menghanguskan 10 kotak suara yang berisi surat suara sedang dalam rekap.

“Laporan dari PPK kita di Kantor Camat Tarusan, ada sebanyak 10 Kotak Suara yang terbakar,” sebut Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Ia mengklaim, saat sejumlah kotak surat tersebut terbakar, pihak dan sejumlah petugas rekapitulasi masih di berada di tempat. Sehingga saat kebakaran cepat diketahui ada kebakaran

“Kerena mereka piket di sana, sehingga dengan piket tersebut cepat di ketahui. Dan sebagian masih bisa terselematkan,” ujarnya.

Dalam Penyelidikan

Apa penyebab kebakaran dari mana datangnya api sehingga sempat menghanguskan 10 kota suara?

Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih terus mendalami kasus Kotak Surat Suara yang terbakar

Menurut AKBP. Fery Herlambang, hingga siang ini pihaknya bersama tim Inafis Polda Sumbar masih melakukan penyelidikan dilokasi dan mengambil sampel dari lokasi kebarakan yang terjadi.

“Kita harap bersabar, mohon waktulah. Karena masih di bongkar-bongkar semuanya (olah TKP). Mudah-mudahan, sore sudah ada hasilnya,” ungkap AKBP. Fery Herlambang kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, sejauh olah TKP yang dilakukan, pihaknya belum bisa menyimpulkan sumber titik api. Sebab, dari titik kebakaran yang terjadi terdapat dua titik tempat berbeda.

“Dan kita juga belum tahu apakah indikasinya ada orang yang dendam, atau ada yang memanfaatkan situasi pemilu, itu juga belum bisa pastikan,” terang Kapolres.

Lanjutnya, dari peristiwa kebakaran yang terjadi, pihaknya mengimbau semua pihak untuk bersabar dan kasus tersebut sudah jadi atensi pihaknya.

“Kalau memang ada hubungannya dengan pemilu atau tidak akan kita proses bagaimana hasilnya nanti,” tutupnya.

Tingkatkan Kewaspadaan

Dengan adanya peristiwa kebakaran ini, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta agar seluruh Camat di kecamatan untuk lebih meningkatkan pengawasan dalam rekapitulasi di kantor kecamatan masing-masing mengingat peristiwa yang tejadi.

“Seluruh camat agar membantu pengawasan di kantor camat masing-masing. Karena semua penghitugan belum selesai,” sebut Hendrajoni saat meninjau langsung di TKP.

Saat dilokasi, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni langsung hadir bersama
Kapolres Pessel AKBP. Fery Herlambang, Dandim 0311 Pessel, KPU dan Bawanslu usai memimpin apel dari Kantor Bupati Pesisir Selatan di Painan pukul 09.00 WIB.

“Saya harap, kondisi tidak mengganggu kelangsungan rekapitulasi yang sedang berlangsung, dan semuanya harus tenang. Kita serahkan ini semua kepada instansi terkait bagaimana penanganannya,” tutup Bupati. (kj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *