AgamaPessel

9 Nagari di Pesisir Selatan Sambut Bulan Suci Ramadhan Dengan “Balimau Paga”

Menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, sembilan Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, besok akan menyelengarakan tradisi Balimau Paga di nagari mereka.

Sebenarnya bupati ingin menghadiri semua kegiatan, tapi karena yang bapati hanya satu, terpaksa membagi staf untuk mewakilinya

Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, SH,MH, besok Minggu (5/5) akan mengikuti acara balimau paga di Nagari Painan Kecamatan IV Jurai.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Erizon, MT, akan mengikuti acara Balimau Paga bersama masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo Kecamatan IV Jurai.

Kesembilan nagari yang melaksanakan acara balimau paga tersebut, akan dihadiri oleh pejabat pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, atas nama bupati.

Berikut nagari yang melaksanakan acara balimau paga dan pejabat yang mewakili bupati: Nagari Taratak Sungai Lundang Kecamatan Koto XI Tarusan, bupati diwakili oleh Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran. Sedangkan di Nagari Mandeh bupati diwakili Kepala Dinas Perikanan.

Acara Balimau Paga di Nagari Bungo Pasang bupati diwakili oleh Kepala Dinas Pangan, sementara di Batang Kapas bupati diwakili Kepala Bapeda Litbang.

Untuk acara Balimau Paga di Nagari Lakitan Utara, Kecamaran Lengayang, mewakili bupati Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pada acara Balimau Paga di Nagari Palangai Kecamatan Ranah Pesisir,
bupati menunjuk Kepala Dinas Perhubungan dan menghadiri acara Balimau paga di Nagari Inderapura Kepala Dinas Koperindag.

Acara balimau paga selain bertujuan untuk mensucikan diri dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, juga dimaksud untuk mempererat tali silaturahmi.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, memberikan apresiasi kepada ninik mamak dan masyarakat yang telah konsisten dalam melestarikan budaya balimau paga di dalam menyambut bulan suci ramadhan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *