Pessel

Komisi Irigasi Pessel Dikukuhkan Bupati Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni,SH.,MH melakukan pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Pesisir Selatan 2019, Rabu (19/6) bertempat di aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bapedalitbang) setempat.

Hadir pada pengukuhan Komisi Irigasi tersebut hadir Kepala Bapedalitbang, Yozki Wandri, Kadis PSDA, Doni Gusrizal, Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Nuzirwan, Kepala BPKD, Suhendri dan Kadis Pangan, Alfis Basyir.

Dikatakan, pembentukan Komisi Irigasi merupakan salah satu implementasi pengelolaan irigasi secara partisipatif.

“Diharapkan dengan adanya komisi irigasi petani dapat mengurus irigasi sawah mereka secara mandiri,”kata bupati.

Lebih lanjut dikatakan pembentukan Komisi Irigasi itu berdasarkan SK Bupati Pesisir Selatan Nomor : 050/243/Kpts/BPT-PS/2019 tentang Pembentukan Komisi Irigasi Kabuapaten Pesisir Selatan 2019. Komisi Irigasi terdiri dari unsur pemerintah daerah dan gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara tugas pokoknya adalah membantu bupati merumuskan rencana kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi dan fungsi irigasi yang ada.

Merumuskan rencana tahunan penyediaan, pembagian dan pemberian air irigasi yang efesien bagi pertanian. Merekomendasikan prioritas alokasi dana pengelolaan irigasi, melalui forum musyawarah pembangunan (Musrenbang).

Merumuskan rencana pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang meliputi prioritas penyediaan dana, pemeliharaan dan rehabilitasi. Melaporkan hasil kegiatan selama 1 tahun kepada bupati tentang progres kerjanya.

“Saya minta Komisi Irigasi segera melaksanakan tugas dengan baik dan tuntas, sehingga keberadaan Komisi Irigasi ini dapat mengangkat kesejahteraan petani di Pesisir Selatan kedepanya,” kata Hendrajoni.

Selanjutnya, bupati berharap dengan dengan komisi ini, ada kemajuan bagi para petani, serta Pesisir Selatan bisa menjadi lumbung padi di Sumatera Barat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *