Sumatera Barat

Kadit Bimas Polda Sumbar Sambangi Ketua KBPP Sumbar

Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP) Sumatera Barat yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM merasa tersanjung karena disambangi oleh Tim Harkamtibmas POLDA SUMBAR yang dipimpin oleh Dir. Bimas POLDA Sumbar Kombespol Nasrun Fahmi. SH. MSi ke kantornya di Jalan Pramuka Nomor 13 Khatib Sulaiman Padang Rabu 26 Juni 2019. Dalam kunjungan ini terjadi dialog yang sangat hangat antara Rombongan Harkamtibmas dengan pak Ucok begitu beliau sering dipanggil.

Kunjungan ini adalah dalam rangka silaturrahmi antara POLRI dengan tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan Kamtibmas di tengah masyarakat. Apalagi Kadis PMD Sumbar merupakan ketua Keluarga Besar Putra/Putri (KBPP) POLRI Sumbar dan saat kunjungan ini, Rombongan Dir Bimas juga mengikutsertakan anggota KBPP. Ketika ditanyakan kepada Kombes Nasrun Fahmi tentang maksud dan tujuan kunjungan ini, katanya, mengunjungi atau silaturahmi Kamtibmas kepada Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama ini merupakan kegiatan rutin bagi POLRI dalam hal ini dilaksanakan oleh Dit. Bimas, akhir-akhir ini frekwensinya kunjungan agak ditingkatkan, hal ini disebabkan. Pertama kondisi Kamtibmas di Tanah Air menjelang Pileg dan Pilpres agak sedikit meningkat temperatur, termasuk di Sumatera Barat, tapi di Sumatera Barat Alhamdulillah panasnya tidak sama dengan di daerah lain khususnya di Pulau Jawa.

Namun demikian kita tetap waspada terhadap hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas tersebut. Kedua sekarang adalah dalam rangka Hari Ulang Tahun BHAYANGKARA ke 73, tentu volume kunjungan dan silaturrahmi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh adat ini agak ditingkatkan volumenya.

Tujuan dari program ini adalah mendekatkan Polisi dengan masyarakat, sehingga terjadi integrasi dan kolaborasi antara POLRI dengan masyarakat dalam penyelenggaraan KAMTIBMAS.

Materi yang disosialisasikan melalui kunjungan atau silarurahmi ini adalah sifatnya persuasif yaitu mengajak masyarakat untuk berbuat baik seperti banyaknya berita HOAX melalui media sosial (medsos). HOAX inilah yang harus kita luruskan, artinya setiap berita itu mohon disaring dulu sebelum disharing (dibagikan) dan jangan cepat percaya, apalagi yang diberitakan itu sifatnya dapat menimbulkan kegaduhan ditengah masyarakat yang akan mengganggu Kamtibmas, bahkan dapat pula memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Disamping itu adanya berita-berita yang mengembangkan paham-paham radikal yang bertentangan dengan Pancasila.

Berita-berita seperti inilah yang harus ditangkal dan diluruskan. Disamping itu juga diberitahukan tentang bahaya NARKOBA, mentaati Undan-undang lalulintas di jalan raya, pelaksanaan SISKAMLING yang baik.

Untuk kondisi yang akan datang yang paling penting adalah, kita mengajak kepada masyarakat untuk menerima dan nengamankan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan salah satu pasangan Calon Presiden hasil Pilpres 17 April 2019 yang lalu.

Ketika ditanya kenapa diikutkan KBPP dalam program ini, Kombespol Nasrun mengatakan “kita sebetulnya mengajak seluruh masyarakat, KBPP merupakan organisasi Keluarga Besar Putra Putri Polri yang langsung dibina oleh POLRI, merasa ikut pula bertanggung jawab untuk ikut meluruskan berita HOAX, menangkal paham radikal, mencegah peredaran NARKOBA dan bentuk maksiat lainnya,” demikian Kombes Nasrun menutup penjelasannya.

Semetara itu Drs. H. Syafrizal MM menyebutkan program kunjungan dari Kadit Bidmas dan Silaturrahmi sangat mendukung sekali. Apa yang dikerjakan oleh POLRI merupakan tugas yang sangat mulya, terutama dalam menciptakan KAMTIBMAS yang baik di tengah masyarakat.

Sebagai ketua KBPP Syafrizal akan mengajak anggotanya untuk menangkal paham-paham radikal yang akan mengganti Pancasila sebagai dasar negara dan juga akan meluruskan berita HOAX yang tidak saja melalui medsos tapi mungkin juga yang ada pada media meanstream atau media konvensional, yang pasti bagi KBPP, NKRI itu adalah “harga mati”, kata mantan wakil bupati Pesisir Selatan ini. (By akral)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *