.Dharmasraya

KUD Dirikan Pabrik Pupuk, Petani Sawit Dharmasraya Terbantu

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Akibat sering anjloknya harga sawit, petani tak mampu lagi melakukan pemupukan di kebun sawit mereka, hal ini menjadi perhatian bagi Jhon Nasri Ketua Asosiasi Petani Sawit Indonesia Kabupaten Dharmasraya yang juga Ketua KUD Lubuk Karya.

Bentuk perhatiannya kepada petani sawit diwujudkan oleh Jhon Nasri lewat KUD Lubuk Karya dengan mendirikan pabrik pupuk kelapa sawit di Kabupaten Dharmasraya dengan nama Dharmas Plant bekerja sama Pupuk Andalas.

NPK Dharmasplant saat ini sudah diproduksi sebanyak 10 Ton per hari dan dipasarkan oleh KUD Lubuk Karya dengan harga Rp 160,000/karung dengan berat 50 kilogram.

Menurut Jhon Nasri pupuk yang diproduksi mutunya sama dengan pupuk sawit merk NPK Mutiara tapi dipasarkan dengan harga lebih murah

” Harga Pupuk NPK Dharmasplant yang kita pasarkan harganya mampu menghemat pengeluaran petani sawit sebesar Rp 75.000/ karungnya, sementara mutu pupuknya sama.” ucap Jhon Nasri.

Sementara itu manejer produksi pabrik pupuk Dharmasplant kepada awak media ini menjelaskan pabrik pupuk Dharmasplant baru mampu memproduksi 10 Ton pupuk NPK perharinya.

” Kita baru bisa produksi 10 Ton pupuk saat ini, kedepannya produksi pupuk akan kita tingkatkan lagi, mudah-mudahan dari 93.000 hektar lahan sawit milik petani Dharmasraya, kita bisa dapatkan pasarnya sebesar 10 persen untuk tahap awal ini,” tambah Agus Manto.

Pupuk sawit NPK Dharmasplant saat ini baru dipasarkan di KUD Lubuk Karya Kenagrian Koto Tinggi Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya.

” Bagi yang petani sawit di Kabupaten Dharmasraya yang berminat bisa menghubungi saya melalui nomor Hp 08126645123″ tutur Jhon Nasri.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *