.

Batik Uni Dewi Lunang Bermotif Tradisional Mandeh Rubiah Ramaikan New York Fashion Week

Painan, Pilarbangsanews.com, — Batik hasil home industri pengrajin Uni Dewi Lunang di Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan ikut meramaikan New York Fashion Week ( NYFW ) yang akan berlangsung selama 9 hari di kota New York AS.

Untuk itu seorang desainer dari Jakarta Novita Sari, Selasa (30/7) sengaja datang ke Painan melihat bahan batik hasil produksi Home Industri milik Uni Dewi Lunang.

Kedatanganya disainer dari Jakarta itu atas undangan Ketua Tim Penaggerak PKK Pesisir Selatan, Hj Lisda Hendrajoni.

Antara Hj Lisda dengan Disainer Papan Atas Novita Sari merupakan sahabat lama. Mereka baru baru ini ketemu di Jakarta. Cerita punya cerita akhirnya Lisda Hendrajoni menginformasikan bahwa di Pesisir Selatan ada batik dengan motif tradisional dan terdokumentasi dalam tambo adat Alam Minang yang tersimpan di Ustano Mandeh Rubiah Lunang.

Oleh pengerajin Batik Uni Dewi Lunang, motif kuno itu dia jadikan motif batik yang diproduksinya.

Lisda Hndrajoni yang banyak bergaul dengan kalangan disainer itu ingin mempromosikan hasil batik motif dari Rumah Gadang Mandeh Rubiah itu.

Novita Sari, pun tertarik dengan batik yang bermotifkan tradisional Alam Takambang Jadi Guru ini, makanya jauh jauh dari Jakarta Novita sengaja datang untuk melihat bahan batik hasil produk Uni DEWI Lunang.

Mbak Novita Sari, siang tadi diterima oleh Bupati Pesisir Selatan di rumah dinas bupati, kebetulan Lisda Hendrajoni ke Jakarta untuk mengikuti acara prosesi pelantikan sebagai anggota DPR-RI dari Partai Nasdem. Novita ditemani Oleh Indrawati Elkam ketika menemui Bupati Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan pun merasa gembira menerima kedatangan desainer papan atas itu.

“Lewat kreasi desainnya mbak Novi, batik kami dari Pesisir Selatan diharapkan bisa mendunia,” Kata Hendrajoni saat menerima Novita Sari.

Bupati juga mengimpormasiakan bahwa di Lumpo ada kampung Batik. Batik Lumpo itu pewarnaannya menggunakan bahan gambir.

“Kita tahu gambir Pessel banyak diekspor ke India, sabagai bahan kosmetika, itu akan kita pelajari, bagaimana agar gambir Pessel ini harganya bisa stabil tidak terikat dengan eksportir, kita akan buat pabrik pembuatan bahan baku kosmetika yang berbahan baku Gambir itu, ” ujarnya.

Sementara itu beberapa sample bahan Batik hasil pengrajin Uni Dewi Lunang, diperlihatkan kepada disainer ibu kota itu.

Novita Sari menyatakan ketertarikannya. Dan minta kepada Uni Dewi Lunang dibuatkan bahan dengan motif natural.

” Orang luar itu mayoritas lebih suka dengan batik dengan motif natural,” Kata Novita Sari dan minta untuk dibuatkan sebanyak 20 potong bahan pakaian wanita.

Sementara itu, dikutip dari Wikipedia, New York Fashion Week ( NYFW ) adalah ajang kreasi disainer kelas dunia menampilkan hasil ciptaan mereka. NYFW diadakan pada bulan Februari dan September setiap tahun, merupakan rangkaian acara semi-tahunan (umumnya berlangsung 7–9 hari) ketika koleksi mode internasional diperlihatkan kepada pembeli, pers, dan masyarakat umum. Ini adalah salah satu dari empat minggu mode utama di dunia, yang secara kolektif dikenal sebagai “Big 4”, bersama dengan yang di Paris , London , dan Milan . The Council of Fashion Designers of America (CFDA) menciptakan gagasan modern terpusat “New York Fashion Week” pada tahun 1993, meskipun kota-kota seperti London sudah menggunakan nama kota mereka dalam hubungannya dengan kata-kata pekan mode di tahun 1980-an. NYFW didasarkan pada serangkaian acara yang jauh lebih tua yang disebut “Press Week”, yang didirikan pada 1943.(****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *