Tam Arang dan Utiah Kapeh

Masalah RSUD Painan,  Kenapa Hasil Temuan BPKP Tak Diungkap ke Publik?  (Bag 8)

Yang belum baca Bag 1 s.d bag 7 klik link di bawah ini;

Masih Seputar RSUD Painan Yang Terbengkalai.. (Bag 7)

Sambungan dari Bag 7;

“Kato den apak takana samo ibuk tadi,” kata Tam Arang sambil tersenyum memancing bupati mengatakan apa yang membuat ia ngelamun sebentar tadi.

“Ndak Tam….., kan lah den jawek tadi tu,” jawab bupati.

“Kini awak mulai ka substansi pembicaraan awak lai pak. Kenapo apak berantikan sepihak pembangunan rumah sakik itu?” tanya Utiah Kapeh.

“Sia nan mangecekkan den nan mambarantikan pelaksanaan proyek RSUD itu sepihak, Tam?” tanya bupati sedikit gerah mendengar kata sepihak itu.

“Tu urang nan tak suko samo apak juo. Kok ka ambo sabuik urangnyo of the record mah pak. Bagaduah ambo beko samo urang tu. Tapi di media online uda Zentoni SH MH nan dari LBH Sumbar itu kan katonyo ka manuntuik apak ka Pengadilan Negeri Painan dan ka PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara). Tapi sampai kini mah alun juo lai,” kato Tam Arang.

“Cubo kito pagunokan logika ya Tam! Nan karajo PT, mungkin kah den bisa melarang sepihak? Katokan lah den bisa melarang, manga nyo namuah? Manga ndak nyo taruih kan karajanyo sampai selasai, kalau nyo maraso tak salah, kan bisa nyo tuntuik. Dan itu kanapo tak dilakukannya. Itu artinya urang PT itu tak bisa membatah kejanggalan nan ambo sabuaikkan ka inyo terkait proyek yang sadang dikarajokannyo. Apo itu namo nyo ambo menghentikan karajo sepihak?” kata Bupati menguraikan.

“Lanjuak pak kami sifat manyimak dulu pak. Taruih pak,” Tam Arang minta bupati melanjutkan keterangannya.

“Kini mari kito sabuik pulo kanapo den tak ado membicarakannya samo DPRD. Itu batuah. Tapi apo alasannya? Kalian pasti ndak bitahu kanapo ambo tak minta persetujuan DPRD?

“Ndak tahu kami alasannyo doh pak,” Jawab Tam Arang.

“Sabalumnya, secara resmi (hitam diateh putiah) hasil temuan BPKP alun mangatokan proyek itu bermasalah. Lalu kemudian ambo buek kesepakatan samo DPRD, kesepakatan apo nan ka den buek. Pasiak namo’o tu mah. Bunuah den bunuah den itu. Ambo ajak DPRD barundiang mambuek keputusan untuk menghentikan proyek, samantaro bukti bukti alun ado. Kan pasiak namo nyo tu, ” Kata Bupati. Tam Arang mengangguk anggukan kepala tanda ia mulai memahami sementara lain serius mendengarkan bupati.

Kabag Humas Pemkab Pesisir Selatan, Rinaldi yang duduk disudut Lepau Mak Gambuang bersama Asisten III Wendi. Asyik mencatat sesuatu dibuku notes nya. Kabag Humas ini dia juga tercatat sebagai wartawan bahkan pernah beberapa tahun jadi ketua PWI Cabang Pesisir Selatan, sebelum jabatan ketuanya digantikan oleh M. Joni. Kebiasan Rinaldi catat mencatat, dia peroleh dari profesi wartawannya itu. Kini walaupun sudah ada android notebook yang bisa digunakan untuk membuat catatan, tapi karena sudah terbiasa dengan buku notes dan pena, hasil tehnologi itu tak termanfaatkan dengan baik oleh Kabag Humas berkacamata minus ini.

“Sudah tu pak,” kata Tam Arang kembali meminta bupati Hendrajoni meneruskan penjelasannya terkait masalah RSUD Painan yang terbengkalai itu.

“Tunggu lu, ambo minum saraguak kopi Mak Gambuang,” kita bupati seraya meriah gelas yang ada dihadapannya, kemudian lalu menghirup kopi itu..

“Nde… Yo lamak kopi Mak Gambuang ko, ” kata bupati sambil meletakkan gelas berisi kopi manis itu kembali diatas tadahnya.

“Kasus RSUD Painan iko distop karano persoalannyo lah masuak ka ranah hukum. Ado indikasi penyelewengan disitu. Kalau awak bicara masalah hukum, iko tantu tak samo penanganannyo dengan persoalan di politik. Dalam prakteknyo penanganan persoalan politik cukuik jo Rapek-rapek duduak basamo. Salasai tu mah, kok alun tenangkan dulu bisuak bisuak nyo diulang duduak baliak. Dalam persoalan hukum, tak betu deh…., ” kata Bupati Hendrajoni kental logat Lengayangnya. Dia kembali berenti sejenak.

“Bapo caghonyo pak, ” kata Tam Arang tak sabaran.

“Tunggu lah apak dulu ma lapehkan jaariah beliau tiah, ang sasakkan bana liau bacuito mah. Bantuak ado nan mangaja dari balakang. Atau ang kapai ka sawah.? ” Lebai Kitak bertanya.

Inilah kehebatan warga di Kampung Tam Arang dan Utiah Kapeh, Lepau setiap pagi ramai. Tapi tepat pukul 7 pagi semua Lepau yang ada kosong karena para lelaki baik tua maupun muda sibuk dengan pekerjaan masing masing. Warga yang masih berusia muda, masih sanggup bekerja, mereka malu jika tidak beraktifitas diusia yang masih produktif.

Pegawai Negeri Sipil yang sekarang disebut Aparatur Sipil Negara, pada rajin semua. Masuk kantor tepat pukul 7;30 WIB. Di Kabupaten Pasir Santan ni tidak mengenal apel pagi atau apel gabungan seperti di Kabupaten Pesisir Selatan.

Apakah dengan tidak ada apel itu, aparaturnya boleh datang terlambat atau bolos? Jawabnya tentu tidak demikian. ASN tidak pernah bolos atau tidak masuk tanpa berita. Jika berhalangan sakit atau ada keperluan yang sifatnya emergency, cukup krim surat, tak perlu ada surat keterangan dokter bila si aparatur sakit. Mereka semuanya memiliki etos kerja serta disiplin kerja yang sangat dipujikan dan tak akan bisa tertandingi oleh kabupaten Pesisir Selatan.

Jika lah demikain pula adnya ASN di Pesisir Selatan, pasti bupati akan susah mencari cari alasan untuk marabo dan menyebut-nyebut pada apel gabungan.

Di Kabupaten Pasir Santan, para aparatur itu justru menyesal kalau tidak masuk kerja, karena bekerja bagi mereka adalah juga merupakan ibadah dan jika tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh mereka sangat takut dengan dosa. Disini ASN takut makan gaji buto. Sebuah istilah bagi ASN terima gaji tanpa bekerja.

Penjelasan bupati yang tergantung tadi, dia lanjutkan. Menurut bupati dalam kasus hukum terutama hukum pidana. Sebuah masalah baru bisa diyakini telah menjadi sebuah kasus harus ada alat bukti. harus ada dapek dulu bukti. Dalam Pasal 184 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (”KUHAP”) disebutkan bahwa alat bukti yang sah adalah: keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk dan keterangan terdakwa.”

“Alat bukti apo nan dapek diapak?” kembali Tam Arang bertanya.

“Jadi den tak sampai kasitu doh, Tam. Sebab den bukan penyidik. Den adalah seorang Bupati,” jawab Hendrajoni.

“Bupati itu selain kepala pemerintahan dan kepala wilayah. Inyo jua adalh wakil dari pemerintah pusat di wilayahnya. Sebagai wakil pemrintah pusat, tantu segala nan ka bisa merugikan negara, dipundaknyo tapikue. Dan dalam persolan pelaksanaan proyek pembangunan rumah RSUD itu, den mancaliak ado praktek yang terindikasi main kalingkongpengkong. Den Cubo menelusuri, ternyata ado batamu kejanggalan itu. Setelah den cocokkan degan hasil pemeriksaan BPKP, Lembaga pengawas (BPKP) juo menemukan kejanggalan itu,” kata bupati kemudian dia lanjutkan.

“Jadi kini lah pasti tu pak BPKP menemukan banyak kejanggalan di proyek itu dan merugikan keuangan negara?”

“Pastilah,” Jawab bupati.

“Tu kenapa ndak pernah apak ungkap ka publik? ”

“Nyo ado nan paralu publik tahu dan ado pulo nan alun paralu. Saat hasilnya alun klir baa pulo awak ka ma agiah tahu. Kalau balun disarahkan dek BPKP tantu BPKP itu nan kamanyapaikan. Tapi soal disampaikan atau tidak bukan juo tugas dari BPKP dan den tak punya otoritas menyampaikan. Sekali lagi kecuali bola panas itu lah ada ditangan deyen” kata Bupati.

Bersambung ke bag 9…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *