.Tam Arang dan Utiah Kapeh

RSUD Painan Yang Terbengkalai Dialihfungsikan Jadi Hotel Berbintang 5 (Bag; 19)

Yang belum baca Bag 1 s.d bag 18 klik link di bawah ini;

Usul Tam Arang Pada Bupati Hendrajoni (Bag 18)

Sambungan dari bag 18…

Batang Kapeh, Pilarbangsanews.com, —

“Apo lo salah nye, mausul sajo tak buliah. Kalau lah tak buliah lah sampik hiduik awak. Babayo tu mah, Tam,” jawab bupati yang intinya silahkan untuk memberi usul.

“Sabananyo usul ko datang ndak dari waden doh pak, tapi usul nan ka den sampaikan iko pernah mengemuka dan muncul dari kawan kawan di Facebook,” kata Tam Arang.

“Apo usul nyo tu Tam, siangkanlah bak hari, tarangkan lah bak bulan, ” kata Bupati minta pada Tam Arang menyebutkan usul yang akan disampaikannya itu.

” Masih soal RSUD Painan itu pak a,” jawab Tam Arang yang berkata sayuik. Belum sampai langsung ke materi usul yang akan disebutkan. Begitulah warga Tam Arang menyampaikan usul kepada seorang pemimpin. Mereka dalam berkomunikasi selalu menggunakan kato Nan Ampek (4). Kato. Nan Ampek itu adalah Kato Manurun, Mandaki, Maleriang dan Kato Mandata.

Antara siang dan malam perbedaan itu dan sangat kontras yang terjadi di Negeri yang dipimpin oleh Bupati Hendrajoni maupun Bupati lainnya di Sumbar.

Dalam berkomunikasi atau bertutur kata, yang dipimpin tidak lagi punya raso jo pareso. Sebuah kebanggan bagi sebagian kecil warga urang awak kalau mereka tampil dengan cerdas dalam menghujat dan mengkritik secara pedas kepada pemimpinnya lewat media jejaring sosial.

Berhasilkah ketika kita mengkritisi kebijakan seorang pemimpin disampaikan lewat jejaring sosial. “Berhasil sih berhasil, tapi banyak enggaknya, ” kata Mas Tartok.

Nasehat secara terminologi adalah mengingatkan sesorang saat akan, sedang atau sesudah melakukan tindakan yang salah. Sedang kritik dapat juga dikategorikan sebagai nasehat, namun penyampaian kritik mengabaikan etika kesantunan.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang ingin menasihati pemimpin, jangan dilakukan secara terang-terangan. Nasihatilah dia di tempat yang sepi, jika menerima nasihat, maka sangat baik dan bila tidak menerimanya, maka kamu telah menyampaikan kewajiban nasihat kepadanya.” (HR Imam Ahmad).

Tidak bijak mengoreksi kekeliruan pemimpin melalui forum terbuka apalgi di medsos, sebab hal itu akan menimbulkan fitnah dan kegaduhan.

Usamah bin Zaid ketika menasihati Utsman bin Affan bukan dengan cara mencaci di depan umum atau mimbar. Imam Ibnu Hajar berkata, Usamah telah menasihati Ustman bin Affan dengan cara yang sangat bijak dan berakhlak tanpa menimbulkan kegaduhan.

Imam Syafi’i berkata, barangsiapa menasihati temannya dengan rahasia, maka ia telah menasihati dan menghiasinya dan barangsiapa yang menasihatinya secara terang-terangan, maka ia telah mempermalukan dan merusaknya.

Menasihati pemimpin harus berangkat dari sebuah kepahaman tentang apa yang akan dinasihatkan. Karenanya, orang yang hendak menasihati pemimpin harus memiliki bekal ruhiyah agar nasihat dapat berpengaruh, antara lain ikhlas dalam memberi nasihat.

Nabi SAW bersabda kepada Abdullah bin Amr, ”Wahai Abdullah bin Amr jika kamu berperang dengan sabar dan ikhlas, maka Allah membangkitkan kamu, sebagai orang yang sabar dan ikhlas dan jika kamu berperang karena riya, maka Allah akan membangkitkan kamu sebagai orang riya dan ingin dipuji.” (HR Abu Daud).

Kembali kepada usul Tam Arang yang dia sebut berasal dari temannya di Facebook. “Apo usul kawan Tam Arang di Facebook tu, ” Tanya bupati yang mengaku dia sendiri boleh dikatakan jarang melihat Facebook. Bupati tak pandai buka Facebook. Facebook kata orang, Facebook pula kata bupati. Tapi istrinya Lisda Rawdha memiliki berbagai akun diberbagai sosial media.

“Soal iko pak a, RSUD nan tabangkalai itu. Baa kalau dialih fungsikan sajo pemanfaatnyo, Sehingga kerugian nan dialami lai ndak tatalungkuik bana, ”

“Ba’a Caghonyo kato kawan Tam Arang itu ? tanya Bupati.

” Jadikan hotel berbintang 5 atau 7 bagai kalau bisa. ”

“Sabab kato kawan tu, kalau inyo nan jadi bupati, nyo akan menjadikan bangunan itu untuk hotel ba bintang 5.”

“Pemikiran ka arah itu mamang lah lamo ado tauikue dihati. Malah lah ado sorang owner RS Swasta di Surabaya kawan akrab den, nan datang manawar ka mambalinyo. Tapi setelah nyo caliak dan nyo tanyo masalah amdal iko nan mambuek investor itu urung berinvestasi di Painan. Pengusaha itu nyo join bisnis samo pengusaha RS swasta di Singapura. Rencananyo akan mendirikan RS khusus bedah plastik.” ucap bupati menjelaskan.

“Jadi kendalanya masih terkait dengan amdal itu yo pak? ”

“Iyo, bana Tam. Awak mangko dijual atau dialihkan fungsikan yo karano amdal itu. Kalau ado amdal nyo, lah salasai dan tak akan muncul masalah pada RSUD Painan itu.”

“Bana pak.” Jawab Tam Arang.

“Kini betu Tam.., Sapo kawan Tam Arang nan katanya bisa akan menjadikan RSUD jadi hotel bintang 5. Suruah nyo datang ka Painan. Bia den konsultasi samo inyo.”

“Den raso nyo indak ka amuah nyo datang doh pak, sabab inyo bisa maota sajo nyo tu nyo. Diagiahkan karajo bapetai petai tangga sarawanyo.”

“HahHAhAh, ” keluar gelak tawa terbahak-bahak bupati mendengar jawaban Tam Arang.

“Begitulah Utiah banyak diawak ko nan hanya pandai mancaracau sajo. Kok diunjuakkan bana ka inyo basalemak peak jadi.”

“Jadi apo masalah rumah sakik itu masih alun juo tantu duduak tegaknya pak? ” Utiah Kapeh bertanya.

“Kito tunggu hasil hitam diateh putiah hasil audit BPKP, jika lah ado bisuak, baru kito bicarakan dengan DPRD apo langkah nan diambiak. Kalau ado unsur Pidananya ka Penegak Hukum kito sarahkan. Tapi basaba lah dulu,” kata Bupati mengakhiri keterangannya. Ota lamak di Lepau Mak Gambuang berkhir sampai disitu.

Bupati kembali ke Painan, sebab pada pukul 10:00 WIB dia akan meresmikan acara Balap Sepeda motor di GOR Rawang Painan. Usai membuka dan meresmikan acara balap motor pak bupati rencananya akan mengadakan kunjungan ke selatan, bertemu dengan warga disana. (****)

Bersambung ke Bag 20…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *