Perguruan Tinggi

Mahasiswa S2 FBS UNP Siapkan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi

PADANG, PILARBANGSANEWS. COM, — Mahasiswa Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang perlu ditingkatkan kemampuan publikasi artikel ilmiah melalui jurnal ilmiah internasional bereputasi. Mahasiswa Magister Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mempunyai modal atau kemampuan untuk menelusuri sumber-sumber ilmiah melalui jurnal internasional untuk menulis artikel ilmiah tersebut.

Demikian disampaikan oleh Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang Dr. Refnaldi, M.Litt. dalam sambutannya ketika membuka kegiatan lokakarya publikasi dan penulisan artikel ilmiah untuk jurnal internasional bereputasi di ruang sidang Kampus FBS, Air Tawar Padang pada hari ini (7/10).

“Tujuan kegiatan lokakarya publikasi artikel ilmiah ini adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah sehingga mahasiswa mampu menghasilkan artikel ilmiah yang akan dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi sebagai bagian dari penyelesaian tesis di Universitas Negeri Padang,” jelas Dr. Hamzah, M.A., M.M. koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) FBS UNP.

Dalam lokakarya penulisan artikel ilmiah ini, dihadirkan narasumber dari FKIP Universitas Riau, Dr. Afrianto Daud, S.Pd., M.Ed. alumnus Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP dan lulusan S2 dan S3 dari Monash University, Australia. Menurut Afrianto Daud ada tiga tahapan yang harus dilakukan yakni perencanaan menulis artikel, menulis artikel untuk jurnal, dan submit artikel ke penerbit.

Lebih lanjut, Dr. Afrianto Daud, S.Pd., M.Ed. menjelaskan agar artikel dimuat pada jurnal internasional bereputasi, calon penulis harus memahami karakteristik struktur artikel pada jurnal yang dituju yakni kekhasan penulisan judul, penulisan pengarang, penulisan abstrak, penulisan pendahuluan, penulisan metode, pemulisan hasil, penulisan diskusi, penulisan simpulan, dan penulisan referensi. (ET)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *