.

Rahmat Hidayat, Cawabup Fenomenal di Padang Pariaman. Siapa Dia?

Padang Pariaman, PilarbangsaNews

Putra daerah Nagari Toboh Gadang, bagian kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga), Padang Pariaman ini bernama Rahmat Hidayat, SE. Sosok anak muda fenomenal ini, kini jadi buah bibir dalam percaturan Pilkada Padang Pariaman. Nama Rahmat Hidayat disebut-sebut sebagai salah satu Calon Wakil Bupati yang diyakini mampu mendongkrak perolehan suara Calon Bupati yang berpasangan dengannya.

Putra dari Kombes Pol Mukhlis Mansyur.,SIk dan Hj. Rimayanti, memastikan langkahnya maju sebagai Cawabup 2020-2024 dengan mendaftar ke DPC PPP dan DPC Partai Gerindra Kabupaten Padang Pariaman, pekan lalu. Segera anak muda ini akan mendaftar ke partai politik lainnya yang membuka pendaftaran.

Kabar majunya Rahmat Hidayat, pria kelahiran tanggal 1 Desember tahun 1991 ini cukup mengagetkan berbagai kalangan. Sebab di dalam sejarah percaturan Pilkada Padang Pariaman belum pernah ada nama calon yang berhasil menang dari salah satu nagari pada Dapil Batang Anai, Lubuk Alung dan Sintoga itu.

“Kami memang berniat mengusung anak kemenakan kami dalam Pilkada Padang Pariaman dengan memajukan salah satu putra terbaik Toboh Gadang yakni Rahmat Hidayat SE,” jelas Abuzar, salah satu tokoh masyarakat Toboh Gadang di perantauan.

Menurut Abuzar, Ketua Ikatan Keluarga Toboh Gadang dan Sekitarnya (IKATOS) Jakarta ini, Rahmat Hidayat dipilih maju menjadi salah satu kandidat Cawabup yang diunggulkan karena memiliki persyaratan penuh untuk posisi itu. Selain memiliki pendidikan yang cukup, Rahmat Hidayat adalah pengusaha muda yang sukses.

Saat ini berdomisili di Rengat, Riau, Rahmat mengelola bisnis perhotelan syariah bernama Rafana Syariah Hotel. Selain itu, Rahmat juga mengelola sejumlah perusahaan dan bisnis di bawah bendera Rafana Grup.

Masa kecil Rahmat banyak di luar kampung. Sekolah SD dilaluinya di SD Negeri 01 Manna, SMP Negeri 18 Bengkulu dan SMA Negeri 06 Palembang. Rahmat menyelesaikan SE-nya di Universitas Sriwijaya Palembang. Kini Rahmat sedang menyelesaikan S.2 di Universitas Riau.

Di kampungnya, Toboh Gadang, Rahmat dikenal sebagai keluarga “berbaun” atau dikenal luas oleh berbagai lapisan masyarakatnya. Rahmat bersuku Jambak. Kediaman orang tuanya di Pendakian Toboh Kandang, Toboh Gadang, atau tempat lahirnya pengusaha dan perantau sukses di berbagai kota di Indonesia.

Keluarga Rahmat di kampung berasal dari tipak Datuak Sati (almarhum), Ayah Omanda, yang juga mantan Wali Nagari Toboh Gadang. Ayahnya sendiri,  Kombes Pol Mukhlis Mansyur, SIK, kini DirLog Polda Sulsel adalah tamatan Akpol 1988 atau di bawah Jenderal (Purn) Tito Karnavian, satu tahun.

Karena berasal dari keluarga yang bekerja keras dan terpelajar, tercermin dari sikap dan semangat yang tinggi dari Rahmat Hidayat yang terus berjuang dalam Pilbup Padang Pariaman ini. Tekadnya hanya satu, yaitu memajukan Padang Pariaman bersama pasangannya nanti. Insya Allah.

Meski bermunculan nama-nama tokoh bakal calon kepala daerah untuk Kabupaten Padang Pariaman, namun Rahmat Hidayat tidak gentar untuk bersaing. “Kita maju untuk menang bersama masyarakat dan saya ingin mewujudkan Padang Pariaman yang lebih baik untuk ke depannya, khususnya penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di bidang pariwisata dan UMKM. Sebab, Padang Pariaman kaya dengan potensi wisata,” kata pengusaha perhotelan di Kota Rengat tersebut.

Dalam visinya, Rahmat Hidayat menegaskan akan mewujudkan Padang Pariaman yang lebih baik lagi, khususnya dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan dan ekonomi yang bernuansa Islami.

Kata suami dari dr. Tengku Resty Yulandari ini, adapun misinya sebagai calon Bupati Padang Pariaman yaitu bagaimana melaksanakan pendidikan 12 tahun secara lebih maksimal lagi. Begitu pula halnya pelaksanaan pendidikan yang berlandaskan pada semangat akhlakul kharimah.

Juga tidak kalah pentingnya, Rahmat Hidayat ingin mewujudkan serta menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat dalam segala bidang, terutama pelayanan kesehatan, bidang perizinan dan administrasi kependudukan.

Demikian pula halnya peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan daya beli masyarakat. Termasuk diantaranya hal itu kedepannya akan dilakukan melalui pembukaan lapangan tenaga kerja. “Membuka berbagai peluang usaha, dengan berbasiskan pada potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh daerah Kabupaten Padang Pariaman,” kata Rahmat Hidayat.

Baca juga ;

Ziarah Ke Jabal Uhud (Bag 14)

Demikian pula halnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat, ke depannya harus mendapat perhatian serius. Sehingga keunggulan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, termasuk keunggulan bidang SDM nya juga bisa ditingkatkan secara terus menerus.

Kini Rahmat Hidayat terus bergerak menyapa masyarakat di pelosok nagari di Padang Pariaman. Siang dan malam. Selain bersosialisasi, Rahmat Hidayat mendekatkan telinga ke bibir masyarakat. Mendengarkan langsung harapan masyarakat kepada pemimpinnya. “Pemimpin yang berhasil itu adalah pemimpin yang selalu mendengarkan suara dan harapan masyarakatnya,” kata Rahmat Hidayat. (gk/awe/posmetro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *