.

Kapolres Bersama Masyarakat Tanam Vetiver

Bukittinggi, PilarbangsaNews

Sebuah teknologi sederhana yang berbiaya murah dengan memanfaatkan tanaman vetiver hidup untuk konservasi tanah dan air serta perlindungan lingkungan. Vetiver juga mudah dikendalikan karena tidak menghasilkan bunga dan biji yang dapat cepat menyebar liar.

Karena itulah jajaran Polres Bukittinggi dengan kepedulian atas kelestarian lingkungan hidup, maka pada Sabtu (14/3) melakukan penanaman tanaman vetiver bersama dengan masyarakat Bukit Taman Raya, Jorong Subarang, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso, SIK., MH didampingi oleh Waka Polres Bukittinggi Kompol Sumintak, SH dan Wali Nagari Balingka Armen, S.Pd.I, menjelaskan bahwa keistimewaan vetiver adalah sebagai tanaman ekologis karena disebabkan oleh sistem perakarannya. Akar serabut yang masuk sangat jauh ke dalam tanah. Vetiver mampu mengurangi erosi tanah yang mudah terkikis dan tidak stabil, khususnya lereng yang curam. Akarnya masif dan sangat dalam, dan dapat mencapai rata-rata 3-4 meter.

Kapolres menambahkan, bahwa kita melakukan penanaman tanaman vetiver ini di lereng Bukit Tanaman Raya Balingka adalah bentuk kepedulian kita pihak Polri kepada lingkungan hidup untuk mengantisipasi tidak terjadinya tanah longsor, dan juga untuk masa depan anak dan cucu kita.

Wali Nagari Balingka Armen, S.Pdi menyampaikan banyak terima kasih kepada Kapolres Bukittinggi dan jajarannya atas pelaksanaan penanaman tanaman vetiver hari ini, diharapkan melalui penanaman tanaman vetiver ini tidak ada rasa was-was atau ketakutan maayarakat untuk melewati atau berwisata ke lokasi bukit ini.

Kabag Sumda Polres Bukittinggi Kompol Sunarya sebagai Koordinator kegiatan menambahkan, pengamanan tanaman vetiver ini diikuti oleh para PJU, Kasat, Kapolsek, Perwira staf, dan personil Polres Bukittinggi, serta masyarakat Balingka.
(HumasResBkt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *