Sumatera Utara

HMA Yusuf Siregar Buka Musrenbang Deli Serdang 2021 Melalui Video Conference

Lubuk Pakam, PilarbangsaNews

Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menerpa saat ini, Pemkab Deli Serdang tetap melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten 2021.

Namun Musrenbang kali ini yang mengusung tema “Masyarakat yang sejahtera melalui infrastruktur terintegrasi dan transformasi ekonomi ” untuk kali pertama dilakukan secara teleconference, terkait dengan peningkatan status Kabupaten Deli Serdang menjadi tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar didampingi Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang 2021 di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (15/4). Hadir juga di Aula Cendana Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto triyanto, Sekdakab Darwin Zein S.Sos, para Staf Ahli, Asisten II Putra Jaya Manalu, Ka Bapedda Ir. Remus Hasiholan Pardede, M.Si. Peserta Video Conference yaitu Kapolresta DS, Kejaksaan Deli Serdang, Kepala BPS, Kepala OPD, Para Camat se-Deli Serdang serta para peserta partisipan Musyawarah Perencanaan Pembangunan.

Meski dilakukan melalui teleconference, Wabup berharap agar forum Musrenbang ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan out put seperti yang diinginkan. Di samping itu juga menjadi dorongan dan semangat bersama untuk memberikan sumbangan dan kontribusi lebih nyata lagi dalam pembangunan di Kabupaten Deli Serdang.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD yang salah satunya untuk membuka dan menampung aspirasi dan usulan pembangunan dari kelompok partisipatif maka untuk memenuhi hal tersebut telah berlangsung dengan dibukanya interaksi online sejak tanggal 7-13 April 2020 dengan memanfaatkan aplikasi online telegram dengan peserta antara lain yaitu kelompok-kelompok partisipatif, lembaga profesi, ormas keagamaan, kelompok perempuan dan anak, Palang Merah Indonesia Kabupaten Deli Serdang, PWI Kabupaten Deli Serdang, FKUB Kabupaten Deli Serdang, Dewan Pendidikan, Kwarcab Pramuka, kelompok perempuan Hapsari Deli Serdang, Forum Anak.

Tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Deli Serdang adalah penyampaian arah kebijakan pembangunan Kabupaten Deli Serdang tahun 2021, yang saat ini dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi video conferensi. Adapun tema musrenbang RKPD kabupaten Deli Serdang tahun 2021 adalah “masyarakat yang sejahtera melalui infrastruktur terintegrasi dan transformasi ekonomi”.

Wakil Bupati berharap usulan pembangunan yang telah diterima diprioritaskan untuk peningkatan infrastruktur yang terintegrasi dan transformasi ekonomi. “Harapan kita bersama adalah bahwa transformasi ekonomi tersebut sangat membangun dan sangat relevan untuk memulihkan keadaan ekonomi masyarakat akibat dampak covid-19, sehingga pemenuhan capaian indikator ekonomi Kabupaten Deli Serdang dapat dipertahankan dan lebih baik lagi dapat kita tingkatkan,” kata Wakil Bupati.

Sekdis Bappeda Provinsi Sumut Yosi Sukmono ST membacakan pidato Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, yang mengatakan kehadiran pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada acara Musrenbang merupakan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan di kabupaten/kota.

Untuk itu, Gubernur meminta kepada pemerintah kabupaten/kota agar dalam menyusun prioritas pembangunan RKPD tahun 2021 didasarkan kepada : prioritas pembangunan dalam RPJM Nasional tahun 2020-2024 yang diselaraskan dengan RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota,mengacu pada rancangan RKP dan rancangan RKPD Provinsi Sumatera Utara tahun 2021.

Pokok pikiran DPRD Deli Serdang yang dibacakan Wakil Ketua DPRD H. Nusantara Tarigan Silangit mengatakan Tema RKPD tahun 2021 “masyarakat yang sejahtera melalui infrastruktur terintegrasi dan tranformasi ekonomi” sebagai bagian dari upaya untuk mencapai visi Kabupaten Deli Serdang 2019 – 2024, yakni“Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan”, bagian integral dari visi pembangunan sumatera utara: “Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat”. (Erizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *