Pasaman Barat

Sedih, Tugu Equator di Kinali Kurang Terawat

Kinali, PilarbangsaNews

Jika berkunjung ke Pasaman Barat, seringkali orang melupakan suatu tempat yang penting, yaitu Tugu Equator atau Tugu Khatulistiwa. Lokasi tugu ini di Jorong Padang Rajo, Nagari Kinali, tepatnya sekitar 161 kilometer dari Padang.

Terletak di pinggir jalan lintas, sebelah kanan dari arah Padang. Tidak ada tanda-tanda, tidak ada papan nama yang dipasang di pinggir jalan. Akibatnya Tugu Equator ini tidak menjadi perhatian dari masyarakat yang lewat jalan lintas Padang-Pasaman Barat.

“Saya tadi terlewat cukup jauh karena tidak ada merek atau papan nama di pinggir jalan, padahal saya ingin ke Tugu Equator ini,” kata Jonaidi, SH.,MH (54 tahun) seorang perantau Minang yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara.

Jonaidi, yang berprofesi sebagai pengacara ini sangat menyayangkan Tugu Equator Kinali ini dibiarkan tidak terawat. Sampah tampak berserakan, rumput sudah tinggi dan bola dunia yang menjadi ikon dari tugu ini sudah berlumut.

Jonaidi menyarankan, Tugu Equator Kinali ini dikerjasamakan dengan pihak swasta. Sehingga areal tugu ini bisa ditata dan ditanami bunga, serta dilengkapi dengan pojok kuliner dan souvernir. “Saya yakin ada pihak swasta yang tertarik, karena jika Tugu Equator ini dikelola dengan baik pasti akan dikunjungi wisatawan,” ujar Jonaidi, yang juga pengusaha jasa konstruksi ini.

Setelah berkeliling Tugu Equator Kinali, Jonaidi menilai lahan yang ada bisa dimaksimalkan. Mungkin dibuat “jembatan khatulistiwa” untuk spot foto sekaligus momentum melintasi garis khatulistiwa. Bagi yang melewati jembatan ini diberikan sertifikat sebagai kenang-kenangan.

Sebagai perbandingan, Tugu Equator di tempat lain seperti di Bonjol Pasaman dan di Kota Pontianak Kalimantan Barat dikelola dengan baik dan dijadikan sebagai objek wisata yang menghasilkan pendapatan untuk daerah. “Mudah mudahan Tugu Equator Kinali dapat pula dibenahi ke depannya oleh Pemda Pasaman Barat,” kata Jonaidi, yang berasal dari Kambang, Pesisir Selatan. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *