.

Peduli Covid, BLT Dana Desa 50 Kota Diserahkan di Harau

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Sesuai arahan Gubernur Sumbar agar BLT Dana Desa diserahkan pada pekan pertama Mei 2020, maka Kabupaten Limapuluh Kota merealisasikannya hari Jum’at (8/5) secara resmi di halaman Kantor Camat Harau.

Secara simbolis diserahkan BLT Dana Desa untuk Nagari Lubuk Batingkok Kec. Harau sebesar Rp89.400.000 untuk 149 Kepala Keluarga dan Nagari Tanjung Bungo Kec. Suliki sebesar Rp16.200.000 untuk 27 Kepala Keluarga.

Penyerahan BLT Dana Desa diserahkan langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP disaksikan Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM. Hadir dalam penyerahan Forkopimda Limapuluh Kota, Korprov P3MD Feri Irawan, S.Ag.,M.Si., Konsultan Pendamping Dana Desa, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa.

Menurut Kadis PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal, MM., meski hanya Rp600 ribu per bulan untuk tiap keluarga, namun adanya BLT di saat Covid-19 dapat menjadi penyangga dan pengaman, terutama untuk pembeli kebutuhan sembako.

BLT Dana Desa akan terus diserahkan sampai bulan Juni mendatang. “Jika masih ada keluarga miskin di nagari yang belum masuk dalam pencarian BLT tahap pertama ini, dapat diusulkan untuk menerima BLT dengan persetujuan kepala daerah,” kata Syafrizal Ucok.

Jika warga terdampak Covid-19 di nagari, maka persyaratan untuk mendapatkan BLT Dana Desa juga tidak terlalu rumit. Bahkan warga terdampak Covid-19 yang pulang dari rantau pun dapat diusulkan untuk mendapatkan BLT Dana Desa. “Prinsip pemberian BLT Dana Desa ini adalah tidak boleh ada penerimaan ganda,” kata Syafrizal Ucok, yang juga mantan Wabup Pesisir Selatan ini.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP seusai penyerahan BLT Dana Desa di Nagari Tanjung Bungo mengatakan, berbagai program bantuan sosial dikucurkan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19, mulai dari BLT Kemensos, BLT Provinsi, bantuan APBD kabupaten, dan sekarang BLT Dana Desa. Selain itu, program PKH dan Bansos Sembako selama ini sudah berjalan untuk masyarakat miskin.

Namun, kata Bupati Irfendi Arbi, penyaluran bantuan program pemerintah itu tidak sama waktunya. Karena itu, diminta masyarakat bersabar sebab semua warga yang terdampak Covid-19 sudah terdata seluruhnya.

Kabupaten Limapuluh Kota diproyeksikan memberikan BLT Dana Desa 2020 sebesar Rp25,6 miliar yang akan dibagikan di 79 nagari untuk 13.131 kepala keluarga miskin terdampak Covid-19. (gk/wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *