.

Indra Catri; Menutup Pasar untuk Stop Penyebaran Virus Covid-19

Agam, PilarbangsaNews

Bupati Agam DR. Ir. Indra Catri, MSP dapat memaklumi kekuatiran masyarakat terhadap aktivitas pasar yang berkemungkinan besar sudah terpapar Covid-19. Makanya, pasar di Agam ditutup sementara untuk memutus mata rantai Covid-19. Bilamana suasana sudah aman, tentunya pasar akan dioperasikan kembali.

Sesuai dengan ketentuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pasar boleh beroperasi sesuai dengan ketentuan dan protocol Covid-19. Tetapi di Kabupaten Agam penutupan pasar justru dilakukan oleh pengurus pasar dengan kesadaran. Pemda memback up dengan mengirim tenaga keamanan.

Indra Catri menjelaskan, bahwa penutupan pasar yang terkesan mendadak dilaksanakan oleh pengurus pasar, tidak terkait dengan ketentuan PSBB tapi semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Alhamdulillah ini kesadaran pengurus pasar, mereka menyadari pasarnya sudah terpapar. Saat pasar ditutup Tim Gugus Tugas Covid-19 membersihkan, menyemprot dan menata ulang tata cara berdagangnya.

Bupati Agam yang dikenal dengan kecepatan dan ketepatannya dalam bertindak itu kembali mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar mematuhi himbauan pemerintah dan para ulama, untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. “Sudah tidak saatnya lagi kita saling berdebat, apalagi menghujat. Ini demi keselamatan kita bersama. Sudah saat kita saling mendukung. Memberikan semangat satu sama lain agar imunitas sosial dan individual masyarakat kita tetap tinggi dan terjaga,” kata Bupati yang doktor ilmu pemerintahan ini.

Kepada masyarakat yang akan berobat dan memeriksakan dirinya ke bidan, dokter praktek, Puskesmas dan Rumah Sakit dimohon agar berlaku jujur dalam memberi keterangan kepada petugas kesehatan, agar kita tidak kecolongan lagi.

“Berlaku ramah dan bersahabatlah kepada petugas kesehatan kita, agar mereka tetap sehat dan bersemangat dalam melayani kita semua. Mereka juga manusia biasa, punya keluarga dan harapan yang tinggi dalam bekerja,” kata Indra Catri.

Kepada para petugas kesehatan di lapangan Bupati Agam yang juga Calon Wakil Gubernur ini agar bertindak lebih cermat, perhatikan kelengkapan APD dan SOP dalam bertindak. “Seandainya APD yang tersedia masih kurang dan belum memenuhi standar tolong segera menghubungi Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Agam. Kita mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan APD tersebut karena dalam refocusing APBD, anggaran penangganan Covid bidang kesehatan ini merupakan prioritas utama,” tegas Indra Catri lagi. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *