Covid 19

Pasar Payakumbuh Dibuka, Transaksi Turun 50 Persen

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Hari kedua setelah dibukanya kembali pusat pertokoan pasar Payakumbuh setelah ditutup semenjak Senin (4/5) lalu sebagai dampak corona.

Hari pertama buka Sabtu (9/5) PilarbangsaNews memantau masih banyak pemilik toko dan kios, baik yang berada di Blok Barat atau Timur masih menutup tokonya.

Sementara pada hari kedua dibuka ini, Minggu (10/5) media ini melihat sudah 80 persen toko dan kios yang buka dan beraktifitas.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi dan UKM, Arnel ketika dihubungi PilarbangsaNews Minggu (10/10) siang. “Alhamdulillah hari kedua ini sudah banyak pedagang yang membuka kembali toko dan kios usahanya. Apalagi
hari Minggu merupakan hari balai atau pasar di Payakumbuh,” terang Arnel.

Harapan Arnel menjelang lebaran ini transaksi jual beli kembali normal di pasar Payakumbuh.

Menurut Arnel, aturan kesehatan standar Covid-19 dilaksanakan pelaku pasar seperti menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun pada setiap toko. Kemudian jaga jarak dan memakai masker.

Lalu bagaimana pula kondisi jual beli setelah pasar berfungsi kembali? Dua orang pedagang yang ditemui PilarbangsaNews Minggu (10/10) siang mengatakan, bahwa jual beli masih belum optimal.

“Belum separuhnya dibanding ketika kondisi normal omset kami. Transaksi turun 50 persen,” kata Jon dan Zainal, masing- masing pedagang celana dan sepatu di Blok Timur Pasar Payakumbuh. (wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *