Covid 19

Gubernur IP dan Wagub NA Negatif Covid-19, Total Sumbar Positif 644

Padang, PilarbangsaNews

Berdasarkan data dari Dinkes Prov Sumbar yang mendapatkan hasil pemeriksaan swab dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, berdasarkan 1.328 spesimen diterima dan terperiksa dari berbagai rumah sakit se Sumatera Barat, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 18 (delapan belas) orang dan semuanya dari Kota Padang.

Demikian disampaikan oleh Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Drs. Jasman Rizal, MM yang juga Kadis Kominfo Sumbar, Selasa (9/6) pagi.

Sekaitan beberapa waktu lalu ada beberapa staf ASN Kantor Gubernur yang positif terinfeksi covid-19, telah dilakukan tracking dan langsung dilakukan tindakan test PCR terhadap lebih 40 orang yang pernah kontak dan berpotensi terpapar dari ASN positif tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sample, semua ASN kantor Gubernur yang diambil sample swabnya hari Minggu kemaren dinyatakan negatif.

Ada juga berkembang issue dan hoax yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung di berbagai medsos yang menyatakan bahwa Gubernur dan Wagub positif terinfeksi Covid-19.

“Dengan ini kami nyatakan dengan tegas, bahwa issue tersebut tidak benar dan beliau berdua berdasarkan hasil Swab Sabtu (Wagub Nasrul Abit) an hari Minggu kemaren (Gubernur Irwan Prayitno) telah dinyatakan negatif Covid-19 juga dan sehat-sehat saja dan tetap beraktivitas, bekerja keras seperti biasa siang malam tanpa mengenal waktu, tidak mengenal libur,” kata Jasman Rizal.

“Sebagai pimpinan di Sumatera Barat, beliau mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap percepatan penanganan covid-19 di Sumbar. Beliau berdua sering memasuki zona berbahaya yang potensial menginfeksi manusia. Seperti ke ruang isolasi, mengunjungi berbagai rumah sakit, pasar-pasar, daerah perbatasan dan laih-lain,” tambah Jasman Rizal.

Dengan keluarnya keterangan resmi Gugus Tugas Covid-19 ini, artinya telah menjawab secara resmi atas banyaknya isu yang tidak benar dan tidak bertanggungjawab serta hoax.

Dengan demikian, total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif sampai hari ini adalah 644 orang. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *