Pessel

Mendes PDTT Abdul Halim Buka KKN Tematik UNP Via Daring

Padang, PilarbangsaNews

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, membuka secara resmi Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNP Padang secara daring, dari Kantor Kemendes, PDTT, Selasa (23/06).



Gus Menteri sapaan Abdul Halim mengapresiasi UNP yang kembali melakukan kegiatan KKN setelah 20 tahun vakum. “Ini langkah bagus sehingga mahasiswa bisa berkontribusi bagi pembangunan desa,” ujarnya.




Menteri panjang lebar mengungkapkan tentang prioritas Dana Desa terutama bagi pengembangan Sumber Daya Manusia dan pembangunan sektor ekonomi. “Dana Desa penting untuk dua hal, yaitu SDM dan Ekonomi,” tuturnya.

Namun, Gus Menteri tidak menampik bahwa masih banyak warga desa yang tidak paham Dana Desa sehingga kedepan perlu sosialisasi. “Hanya 60 % yang tahu, kedepan kita berharap 90 memahami DD,” jelasnya.

Karena hasil kajiannya, DD masih digunakan secara sektoral, dan esklusif. “Bahkan penggunaanya masih ego sentris elit desa,” ujar Politisi PKB itu.

Abdul Halim justru berharap DD bisa menjangkau pembangunan yang melahirkan konektivitas antar desa sehingga manfaatnya lebih riil. “Pada tahun 2021 penggunaan DD benar-benar sesuai kebutuhan, bukan keinginan,” katanya.

Sebutnya, semoga kehadiran mahasiswa yang melakukan KKN berkontribusi bagi desa sehingga desa merasa didampingi.



Acara peresmian KKN UNP 2020 juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Rektor UNP, Prof. KH. Ganefri, Kadis Kominfo, Jasman, Kadis PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., Bupati se Sumatera Barat dan Kepala DMPD Kab/kota.

KKN UNP dilaksanakan dengan pola tematik, para peserta melakukan kegiatan di kampung halaman/domisili dan akan dipantau secara daring oleh pihak kampus. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *