.

Destinasi Wisata Baru Batang Agam Akan Dikelola Secara Mandiri

KAWASAN wisata baru Batang Agam yang terletak di Sei Pinago dan Tanjung Gadang serta Tanjung Pauah, Kecamatan Payakumbuh Barat kini telah menjadi destinasi wisata batu di Kota Payakumbuh.

Untuk memanjakan pengunjung, Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat masih akan terus menambah sejumlah prasarana lain di kawasan tersebut.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)Kota Payakumbuh, Muslim, ST, M.Si., saat ini masih ada beberapa item pekerjaan yang sedang dikerjakan.

“Tahun ini ada anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp10 milliar. Saat ini pembangunan dari anggaran tersebut sudah hampir selesai,” jelas Muslim.

(Muslim, ST.,M.Si)

Beberapa pembangunan yang dikerjakan dari anggaran tersebut, kata Muslim, meliputi pengaspalan jalan, membuat tempat parkir dan penataan tebing sungai yang rawan longsor.

Dikatakannya juga, masih ada beberapa sarana yang telah direncanakan untuk dibangun di kawasan Batang Agam, yakni tempat olahraga, jalur lari, panahan, dan beberapa sarana untuk wisata.

“Jadi, selain digunakan sebagai tempat wisata atau rekreasi. kawasan Batang Agam ini juga dapat dimanfaatkan untuk tempat berolahraga,” jelas kadis PUPR tersebut.

Selain itu, Pemko Payakumbuh juga sedang menyelesaikan pembangunan lampu jalan. Dinas PUPR menargetkan dalam dua pekan ke depan pembangunan lampu jalan dapat diselesaikan, ulasnya.

“Saat ini baru dikerjakan di sisi kanan aliran Batang Agam. Pokoknya penerangan akan dibangun di semua tempat yang ramai dikunjungi masyarakat,” jelasnya.

(Kawasan Wisata Batang Agam)

Untuk itu, tambah Muslim, pihaknya sangat berharap agar ada penambahan anggaran dari pemerintah pusat. Sehingga rencana pembangunan yang telah disiapkan dapat terlaksana.

Beberapa sarana yang saat ini sudah ada di kawasan Batang Agam, seperti Skate Park beserta sarana olahraga lainya dan taman-taman yang dapat dimanfaatkan untuk orang dewasa dan anak-anak.

Melihat perkembangan zona baru destinasi wisata handalan yang cukup menjanjikan itu, Pemerintah Kota Payakumbuht akan menyiapkan pengelolaan mandiri untuk kawasan Batang Agam yang saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dan masyarakat.

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz,.SE.,MM mengatakan, pengelolaan kawasan Batang Agam yang baik akan membuat sektor ekonomi di kawasan tersebut semakin bergeliat.

“Kawasan ini diciptakan pemerintah untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik-baiknya. Pengelolaan yang baik akan membuat sektor ekonomi tumbuh pula dengan baik,” kata Erwin Yunaz.

(Erwin Yunaz, SE.,MM)

Dikatakan Wawako, selain pengelolaan tempat, pihaknya juga akan menyiapkan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di sektor tersebut.

“Meski akan banyak kegiatan, pengelolaan harus tetap memikirkan keseimbangan di daerah tersebut. Insya Allah Batang Agam ini akan disiapkan pengelolaan mandirinya,” ujarnya.

Dikatakannya juga, saat ini pihaknya belum memikirkan terkait diberlakukannya tarif masuk. Sekarang ini pihaknya fokus agar masyarakat yang memanfaatkan kawasan tersebut dapat tertib.

“Kita mengelola penempatan dulu, seperti perilaku tertib bagi masyarakat. Sehingga kawasan ini akan selalu terjaga,” sebutnya.

Terkait ramainya kunjungan kawasan Batang Agam di era normal baru, Erwin menyebutkan pihaknya telah menyiapkan seluruh protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

“Jadi bagi masyarakat yang mengunjungi Batang Agam akan diwajibkan untuk menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya. Nantinya akan kita siapkan tempat-tempat cuci tangan,” jelas wawako sembari berpesan.

Tidak hanya kawasan Batang Agam, kawasan wisata lainnya yang ada di Payakumbuh juga harus mengikuti protokol kesehatan, pungkasnya.(wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *