.

Ketua DPRD Deni Asra Minta Pemkab Dirikan Tempat Rehabilitasi Gangguan Jiwa

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

Masyarakat kabupaten Limapuluh Kota yang mengalami gangguan jiwa, ditemukan lagi. Sabtu (4/7) sor Wabup Ferizal Ridwan bersama Ketua DPRD Deni Asra mengunjungi salah seorang warga yang mengalami gangguan jiwa di rumah orangtuanya di Jorong Tabiang, Nagari Sei Kamuyang, Kecamatan Luhak.

Penderita gangguan jiwa tersebut bernama Susi Susanti (35). Putri keempat dari empat bersaudara anak ibu Mailis (72) dan ayah Junizar (alm).

“Anak ambo ko alah satahun sakik, setelah pulang dari Batam,” kata Mailis kepada PilarbangsaNews di rumahnya. “Si Susi sabalum karajo di Batam, inyo marantau ka Malaysia. Tapi hanyo satahun di situ,” tambah Mailis menerangkan perjalanan putri bungsunya itu.

Untuk pengobatan anaknya, Mailis mengatakan hanya berobat secara kampung saja selama ini. “Yo, hanyo baubek caro kampuang jo kami lakukan salamo ko,” ujar ibu yang sudah lansia itu.

Selama dia sakit, Susi memang tidak diikat atau dipasung, tapi ditempatkan dikurung di dalam kamar biasa.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan melihat kondisi tersebut, mengatakan hingga saat ini sudah 35 orang yang ditemukan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Limapuluh Kota, 22 orang diantaranya kurang terurus karena faktor ekonomi keluarga.

“Dengan latar belakang ekonomi keluarganya, maka banyak dari dunsanak kita yang mengalami gangguan jiwa ini kurang terurus,” kata Wabup. Untuk itu, jelas Buya Ferizal, melihat kondisi ini, maka yang diharapkan adalah sistim jemput bola untuk mengatasi problem oleh Pemkab melalui dinas terkait.

Sementara itu Deni Asra menghimbau kepada Pemkab Limapuluh Kota untuk mewujudkan program kerja pro rakyat. “Lihatlah kondisi warga kita seperti ini, apa yang bisa diperbuat dan seyogianya harus kita lakukan,” ucap Deni Asra.

Untuk itu, salah satu solusinya adalah mendirikan tempat rehabilitasi gangguan jiwa di Limapuluh Kota dan ini pekerjaan rumah bagi Pemkab.

“Selama ini hanya dibawa ke RS Jiwa Ulu Gadut, Padang warga yang mengalami gangguan jiwa ini. Kalau ada di daerah kita, kan tidak perlu lagi jauh-jauh mengobatinya ke Padang,” pungkas Deni Asra.

Pada saat kunjungan ke rumah Susi ini, Wabup dan Ketua DPRD juga menyerah bantuan sembako untuk keluarga Mailis. (wba).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *