Pasaman Barat

Acara Seminar Kebudayaan Di SMPN 1 Pasaman

Pasbar, pilarbangsanews.com— Ketua TPPKK Pasaman Barat Sifrowati Yulianto sekaligus anggota DPRD Komisi IV menghadiri dan membuka acara Seminar Kebudayaan dgn tema “Penguatan Pendidikan Karakter melalui Keariban Lokal Minang Kabau” di SMPN 1 Pasaman, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kamis (16/07/2020).

Sifrowati Yulianto mengatakan sumbang 12 yaitu peraturan tidak tertulis dalam adat Minang kabau yang berisi tentang tata krama dan sopan santun.

Sumbang Duo Baleh terdiri dari ” sumbang duduk, sumbang tagak, sumbang bajalan, sumbang bakato, sumbang mancaliak, sumbang makan, sumbang bapakaian, sumbang karajo, sumbang tanyo, sumbang jawek, sumbang bagaua, dan sumbang kurenah, itu yang harus kita terapkan dalam mendidik anak anak.” Katanya.

Kemudian para guru harus bisa menerapkan sumbang duo baleh kepada murid supaya murid murid kita mempunyai etika sopan santun yang lebih baik. Tambahnyak

Turut hadir dalam acara seminar tersebut Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar H.Muhammad Ratmil, Kasi Pendidikan dan Kebudayaan Pasbar Eli Sastra, Kepala SMPN 1 Pasaman Pulmen Evida beserta majelis guru.

Para guru juga harus menyampaikan  kepada murid untuk memperkenalkan yang mana bupati dan wakil bupati Pasbar supaya murid kita tidak ada lagi yang tidak tahu dengan pimpinan daerah nya. Tutupnya.
(Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *